TEMBILAHAN- Wakil Bupati Inhil, Riau, Rosman Malomo meminta kepada seluruh Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya agar proaktif membantu warga dalam menyelesaikan e-KTP.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat menghadiri Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H di Masjid Nurul Huda, Benteng Utara, Kecamatan Sungai Batang, Senin (11/12/2017).

''Kades dan jajaran harus proaktif menjemput bola, bantu masyarakat yang kesulitan dalam mengurus e-KTP,'' cetus Wabup.

Dikatakan Wabup, sangat banyak kegunaan dari e-KTP sehinga setiap warga negara Indonesia harus memilikinya, apalagi dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah di Inhil.

Ads
''Bukan hanya untuk Pilkada saja, kalau sakit kita butuh e-KTP selaku identitas diri kita, mau nikah dan banyak lagi kegunaan e-KTP,'' lanjutnya.

Untuk itulah ia mengharapkan agar Kades bisa membantu warga, apalagi mengingat pembuatan e-KTP yang harus dilakukan di Kantor Kecamatan atau Kantor Disdukcapil yang terletak di Tembilahan.

''Tolong dipantau warganya, yang tidak punya e-KTP difasilitasi, atau minta kepada operator yang turun langsung ke desa, karena kalau warga yang ke kecamatan atau kabupaten tentu memerlukan dana yang besar, apalagi urusan seperti itu tidak akan selesai dalam waktu satu hari,'' tukas Rosman Malomo.(adv)