TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mulai mempersiapkan qori dan qoriah untuk menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau di Rokan Hilir tahun 2022. Para qori dan qoriah mulai mendapat pembinaan secara intensif dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kuansing sejak hari ini.

Kegiatan pembinaan dibuka langsung oleh Bupati Kuansing, Andi Putra di Masjid Agung Kuansing, Rabu (8/9/2021). Hadir seluruh pengurus LPTQ Kabupaten Kuansing dan LPTQ kecamatan se-Kuansing.

Bupati Kuansing mengapresiasi LPTQ Kuansing yang melakukan pembinaan qori dan qoriah sejak awal. Jika pembinaan dilakukan, Andi Putra optimis akan ada perbaikan prestasi Kuansing di ajang MTQ tingkat Provinsi Riau.

"Agenda ini sangat mulia. Kami sangat bangga, karena para pembina adalah, ustaz, kiyai, tokoh agama dan para pimpinan pesantren yang berpengalaman. Saya yakin, insya Allah hasil lebih baik," kata Andi Putra.

Pada MTQ Riau sebelumnya, Kabupaten Kuansing hanya menempati posisi 10. Kondisi ini harus menjadi motivasi bagi Kuansing untuk perbaikan dengan lebih meningkatkan pembinaan.

"Kita kemaren urutan 10, ke depan kita berharap nomor urut satu. Inikan harapan kita. Karena itu, kepada para pengurus dan pembina bersungguh-sungguh memberikan ilmu kepada putra dan putri kita," kata Andi Putra.

Andi menyatakan Pemkab Kuansing komitmen mendukung LPTQ dalam melakukan kegiatan pembinaan. Pelaksanaan diklat juga sejalan dengan program utama Pemkab Kuansing, yakni mendirikan rumah tahfidz di seluruh kecamatan.

"Bahkan, untuk langkah awal, kami sudah menandatangani peraturan terkait dukungan dan honor untuk para guru ngaji, imam masjid dan lainnya. Harapannya, pembinaan keagamaan semakin maju," ujar Andi Putra. Ia juga meminta kritik dan saran dari ustaz, kiyai dan ulama untuk kemajuan Kuansing.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kuansing, Agusmandar dalam sambutannya menjelaskan, ada 8 cabang dengan peserta 60 orang di antaranya qori - qoriah, hafidz - hafidzah, mufassir - mufassirah serta sejumlah cabang MTQ lainnya.

Untuk lokasi latihan, tersebar di beberapa tempat seperti SMAN Pintar, Kamp MAN 1 Telukkuantan, Ponpes Safaaturrasul dan Mesjid Agung Kuansing.***