BENGKALIS - Perpustakaan Desa (Perpusdes) Jangkang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis meraih prestasi gemilang sebagai juara pertama tingkat Provinsi Riau.Prestasi yang diraih dalam rangka lomba Perpustakaan Umum desa/kelurahan terbaik se-Propinsi Riau yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau.

''Alhamdulillah Perpudes Jangkang tahun ini meraih prestasi yang membanggakan, ini semua berkat kerja keras semua pihak, bukan hanya mengaharumkan nama desa, tetapi juga Kabupaten Bengkalis,'' ungkap Pengelola Perpusdes Jangkang Elissa, Rabu (15/5/2019).

Perpusdes Jangkang mampu mengalahkan peserta lainnya yang diikuti 6 kabupaten/kota yakni, Siak, Pelalawan, Rohul, Kampar, Rohil, dan Dumai , acara dibuka oleh Kadis Perpustakaan provinsi Riau H. Rahoma Erna.

Pada perlombaan tersebut Kabupaten Bengkalis meraih juara I, disusul Kabupaten Rohul juara 2, sementara juara 3 diraih Kabupaten Kampar, untuk juara 4 diraih Kabupaten Rohil, juara 5 Kota Dumai, dan juara 6 Kabupaten Pelalawan.

Atas prestasi menyandang juara pertama level Provinsi Riau, selanjutnya Perpusdes Jangkang akan dilakukan persiapan untuk tingkat nasional. Untuk itu Lisa mohon doa dan dukungan supaya menarih prestasi gemilang di tingkat nasional.

Adapun kreteria penilaian, kata wanita yang akrab disapa Lisa ini, terdapat sebelas kreteria penilaian sesuai standar nasional. Yakni, perpustakaan harus memiliki gedung sendiri, program kerja perpustakaan, kelembagaan perpustakaan, perabotan dan perlengkapan perpustakaan.

Kemudian kreteria tenaga perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, anggaran perpustakaan, kerjasama perpustakaan, promosi perpustakaan serta pembinaan dan hasil kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat.Perpusdes Jangkang berdiri tahun 2014, saat ini memiliki 1.272 judul buku, meliputi buku karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, ilmu bahasa, sains/murni, ilmu terapan, kesenian/olahraga, kesusastraan, sejarah, referensi dan peta.

''Sumber buku ada yang dibeli sendiri, hadiah/hibah dan juga tukar-menukar melalui kerjasama perpustakaan,'' kata Lisa yang saat ini dirinya dibantu satu orang staf bernama Jasmitaria.

Selanjutnya Lisa menambahkan, Perpusdes Jangkang memiliki program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Untuk program kerja jangka pendek yakni, memperkenalkan/mempromosikan Perpusdes kesekolah dan seluruh kalangan masyarakat, hal tersebut dilaksanakan sebulan sekali, kemudia memfasilitasi Perpusdes sesuai kebutuhan pembaca, dilaksanakan sesuai jam kerja, dan memperkenalkan Perpusdes pada kelompok PKK, agar memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana belajar keluarga.

Kemudian program kerja jangka menengah yakni dengan memberikan reward (penghargaan) kepada pemustaka, hal tersebut dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Selanjutnya program jangka panjang yakni membuat pondok baca diluar gedung perpustakaan, menambah koleksi perpustakaan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Di bagian lain, Kepala Desa Jangkang Edi Sutrisno mengucapkan selamat dan tahniah kepada Perpusdes jangkang yang telah membawa nama harum Desa Jangkang dan Kabupaten Bengkalis di tingkat Provinsi.

''Selamat kepeda kepada Buk Lisa dan Mita karena telah memberikan yang terbaik untuk Desa Jangkang dan Kabupaten Bengkalis,” kata Edi.

Pemerintah Desa Jangkang berkomintmen untuk terus memajukan, dan meningkatkan sarana dan prasarana Perpusdes, hal tersebut terbukti karena setiap tahunnya ada bantuan dana desa yang digelontorkan Pemdes untuk membangun dan mengembangkan Perpusdes.

''Dengan bantuan dana desa untuk membangun Perpusdes, maka tujuan kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat akan lebih cepat teruwjud, ini juga merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan generasi muda di Desa Jangkang,'' pungkasnya.***