JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji selaku Inspektur Upacara memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) tahun 2019 bertempat di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (7/1/2019).

Upacara yang diikuti 450 personel anggota Kowal wilayah Jakarta ini, terbagi dalam delapan kompi terdiri dari dua kompi Perwira Menengah (Pamen), satu kompi Perwira Pertama (Pama), satu kompi Bintara Tinggi (Bati), tiga kompi Bintara, dan satu kompi satuan musik (Satsik) Denma Mabesal.

Dalam amanatnya Kasal antara lain mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Kowal ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena dalam usianya yang ke-56 tahun, Kowal mampu memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara serta menjadi momentum evaluasi dan introspeksi diri dalam upaya meningkatkan kinerjanya ke depan.

“Kehadiran Korps Wanita Angkatan Laut telah mewarnai jalannya roda organisasi dan kiprah TNI Angkatan Laut. Dalam meniti pengabdian kepada bangsa dan negara, seorang Kowal harus dapat menjalankan peran multifungsi baik sebagai seorang prajurit, sebagai seorang istri, sebagai seorang anak dari pada orang tuanya, maupun sebagai seorang ibu dari anak-anaknya”, jelas Kasal.

Tidak hanya itu Kasal juga menyampaikan, sebagai seorang prajurit matra laut, Kowal dituntut harus menunjukkan profesionalisme dan kapasitasnya yang seringkali melampaui kodratnya sebagai seorang wanita. Kegigihan dan ketabahan para prajurit kowal dalam menghadapi tantangan kehidupan ini terletak pada semangat dan kekuatan jiwa mereka. Semangat tersebut sangat sesuai dengan tema HUT Kowal tahun ini yaitu “Memantapkan Jati Diri sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut dan Memberikan Pengabdian Terbaik”.

Pada kesempatan tersebut, Kasal juga memberikan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun kepada Letkol Laut (K/W) Ninuk Fitri yang sehari-hari berdinas di Rumkital Cilandak, Satya Lencana 16 Tahun kepada Lettu Laut (K/W) Besse Haryanti yang berdinas di Rumkital Dr. Mintoharjo, serta Satya Lencana 8 Tahun kepada Sertu Keu/W Ai Cucu Julaiha yang berdinas di Disku Kolinlamil.

Di samping bertujuan untuk mengenang kembali sejarah kelahiran Kowal pada tanggal 5 Januari 1963 yang lalu, acara puncak peringatan HUT Kowal ini merupakan sebuah momentum yang tepat untuk terus menggelorakan tekad dan semangat serta cita-cita luhur wanita Indonesia, khususnya anggota Kowal dalam memberikan pengabdian terbaiknya kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Laut. Momentum ini dapat dijadikan sebagai titik tolak untuk menumbuhkan kembali semangat juang dan patriotisme prajurit Kowal yang diwujudkan secara nyata dalam bentuk peningkatan profesionalitas, kompetensi, dan etos kerja.

Pada puncak acara peringatan HUT Kowal tahun ini, juga menggelar acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ny. Manik Siwi Sukma Adji selaku Ibu Catra Ratnanggadi Jalakanyasena dan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba memasak dan lomba karya tulis. Tidak hanya itu, acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Harvey Malaiholo, Band Dara Laut, paduan suara dari Koarmada I diiringi musik dari Harmoni Band Mabesal.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Cici Wuspo Lukito, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama wilayah Jakarta, Kowal pertama Kolonel (Purn) Dra. Louise Elizabeth Coldenhoff, para mantan Pabin Kowal, para mantan Komandan Ksatrian, serta Pengurus Pusat Jalasenastri.***