BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati Rokan Hilir, Riau, H Sulaiman SS, MH meminta semua pihak untuk memperhatikan penyandang disabelitas. Sulaiman juga mengajak untuk mengubah cara pandang dan pikir masyarakat terhadap penyandang disabilitas sehingga tidak lagi merasa ada perbedaan.

Demikian disampaikannya pada peringatakan hari disabilitas internasional yang diselenggarakan Pengurus Special Olympic Indonesia (SOIna) Rokan Hilir, Selasa, (7/12/2021) di depan Kantor BPKAD Rohil Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 ini, Pengurus Special Olympic Indonesia (SOIna) mengusung tema "Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan pasca Covid 19".

Peringatan HDI 2021dihadiri Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS, MH didampingi istri Sari Eka Rahmi sekaligus Wakil Ketua PKK Kabupaten Rokan Hilir. 

GoRiau

Wakil Bupati Rohil, Sulaiman menyebutkan dengan momen peringatan Hari Disabilitas Internasional akan menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas. "Mari kita meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap persoalan penyandang disabilitas dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak dalam aspek kehidupan,'' ajak Sulaiman.

"Kita perlu memberikan aspek dan kesempatan yang sama dengan non disabilitas, karena telah diatur Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016,'' tegasnya. 

GoRiau

Wakil Bupati Rohil ini menambahkan dengan adanya Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016 merupakan wujud adanya kesamaan hak sebagai warga negara Indonesia bagi penyandang disabilitas.

"Pemerintah, kita semua wajib merealisasi hak-hak disabilitas dari hak kesehatan, pekerjaan, politik, kebudayaan, pariwisata, teknologi dan lain sebagainya, perlu diperhatikan," tegas Wakil Bupati Rohil ini.

Usai upacara Hari Disabilitas Internasional, Wakil Bupati Rokan Hilir didampingi istri Sari Eka Rahmi dan Kepala OPD bersilaturahmi dengan unsur pengurus Special Olympic Indonesia (SOIna) Kabupaten Rokan Hilir. (adv)