SIAK - Meski banyak mendapat sorotan dan kritikan karena berbayar, namun program vaksinasi gotong royong yang merupakan salah satu program nasional, sudah dilaksanakan di Kabupaten Siak. Salah satu perusahaan yang menjalankan adalah PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP), Perawang, Siak, Riau.

Pelaksanaan vaksinasi gotong royong perdana di Riau itu, dilaksanakan Jumat (16/7/2021). Hadir menyaksikan, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjend Polisi Agung Setya Imam Effendi, Bupati Siak Alfedri, Forkopimda Kabupaten Siak, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Hendrisan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, serta jajaran manajemen dan humas serta ratusan karyawan PT IKPP.

"Ini untuk percepatan vaksinasi secara nasional. Vaksinasi gotong rotong ini berbayar, tapi dikhususkan untuk dunia usaha serta individu yang mampu, dalam rangka memperluas, mempercepat dan mendekatkan akses layanan vaksinasi. Jadi ini hanya salah satu opsi selain yang sudah berjalan saat ini yakni vaksinasi gratis. Tentu kita sangat mendukung dan mudah-mudahan makin banyak perusahaan yang bersedia menjalankan vaksinasi gotong rotong di Kabupaten Siak'' ujar Bupati Siak, Alfedri saat menyaksikan pelaksanaan vaksinasi gotong royong di IKPP Perawang.

Alfedri berharap dengan percepatan program vaksinasi nasional ini, akan mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan daerah. ''Dengan semakin meratanya vaksinasi, karyawan bisa bekerja seperti semula dan mampu meningkatkan produksi demi pemulihan ekonomi nasional,'' jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Alfedri juga mengapresiasi kepedulian PT IKPP yang bersedia memberikan bantuan liquid oksigen medis untuk masyarakat Riau khususnya Siak.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar berharap semakin banyak perusahaan di Riau yang bersedia melaksanakan vaksinasi gotong royong. Dengan program vaksinasi gotong royong, maka perusahan telah membantu pemerintah dalam proses percepatan pemulihan ekonomi nasional.

''Vaksinasi gotong royong ini tidak menggunakan dana APBN dan APBD, ini murni dana swasta. Swasta ikut bergotong royong mendukung program vaksinasi yang muaranya percepatan pemulihan ekonomi. Setelah yang perdana di PT IKPP ini, kita harapkan perusahaan-perusahaan lain yang ada di Riau, juga ikut,'' ujarnya.

Reliability Manager PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk, Hasanuddin Naiborhu mengatakan, PT IKPP mendukung sepenuhnya upaya pemerintah untuk percepatan herd immunity di masyarakat. ''Vaksinasi gotong royong ini kami berikan untuk karyawan yang belum mengikuti program vaksinasi subsidi dari pemerintah. Sedangkan bantuan liquid oksigen medis akan kita salurkan sebanyak 150 ton setiap bulannya melalui pemerintah daerah,'' tutupnya. ***