JAKARTA - Eugene Kharisma, pria berusia 27 tahun asal Jakarta ini, berhasil meraih juara pertama di ajang Modest Young Designer Competition (MYDC) dalam iven Muslim Fashion Festival (Muffest) Tahun 2020. Ia berhasil mengalahkan 14 finalis lainnya yang masuk dalam babak final 15 besar, pada Sabtu (22/2/2020) sore tadi.

Pria yang sebenarnya berprofesi sebagai model ini, sangat mengagumkan. Pasalnya, ia langsung menyabet juara pertama saat baru pertama kalinya mengikuti perlombaan desainer, berkat koleksi kreasi desain busananya yang mengangkat konsep Cakravala.

"Alhamdulillah. Ini berkat doa dan dukungan semua orang. Kalau ditanya perasaan saya gimana, susah menjawabnya. Yang jelas ini adalah jawaban atas penantian saya selama dua bulan ini, mulai dari proses meet coaching pertama, kedua hingga final hari ini," kata Eugene kepada GoRiau.com di tempat pelaksanaan MYDC Muffest yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (22/2/2020) sore.

Saat ditanya tentang konsep Cakravala yang dibawanya tersebut, Eugene pun menjelaskan, bahwa ia terinspirasi dari horizon langit yang luas. Ia memaknai filosofi horizon langit tersebut sebagai hubungan luas antara manusia dengan Sang Pencipta.

"Mulai dari siluet garis yang saya timbulkan adalah garis-garis vertikal yang menghubungkan antara manusia dengan Sang Pencipta, ini memang tentang keagamaan secara general. Semua saya gambar sebagai warna-warna langit. Lalu, saya memasukan tikar pandan dan bunga sedap malam yang saya jadikan aksesoris. Ini melambangkan, kita sebagai manusia nanti akan menuju ke sana (kematian, red)," ulasnya panjang lebar.

Selama pengerjaan desainnya, Eugene mengatakan lancar-lancar saja. Bahkan, ia mengaku terbantu karena Asia Pasific Rayon (APR) membantu 50 persen bahan viscose rayon untuk pembuatan busana rancangannya. Apa lagi, ia juga sangat tertarik dan mendukung industri teksil dengan bahan viscose rayon yang terbuat dari serat kayu ramah lingkungan tersebut.

"APR meringankan finalis karena kita dibantu 50 persen bahan dari APR untuk diolah," ujarnya.

Di tempat yang sama, salahsatu juri MYDC Muffest 2020, Taruna Kusmayadi mengatakan, bahwa Eugene Kharisma merupakan desainer muda yang berbakat. Pasalnya, ia bisa menjadi juara pertama setelah mengalahkan 500 orang pendaftar yang mengirimkan sketsa ke panitia.

"Dari 500 orang yang mengirimkan sketsa, ada 15 finalis yang terpilih melaju ke proses meet coaching. Mereka tampil hari ini, semuanya berbakat dan keren-keren. Mereka masih muda, tetapi hasil karyanya bagus, rapi dan profesional. Selamat kepada Eugene Kharisma yang meraih juara pertama," kata Taruna.

Seperti yang diketahui, Eugene Kharisma dengan konsep Cakravalanya berhasil meraih juara satu dan berhak menerima hadiah uang tunai sebesar Rp30 juta, trophy dan kesempatan tampil dalam Muffest 2021. ***