Kompresor AC mobil merupakan komponen dari AC mobil yang memiliki fungsi vital. Kompresor AC mobil bekerja dengan cara memompa aliran gas freon agar freon mampu bersirkulasi ke semua komponen AC mobil.

Karena fungsinya yang vital tersebut, AC mobil perlu dilakukan perawatan. Adapun perawatannya bisa dilakukan sendiri atau di bengkel terpercaya yang menjadi mitra otoklix. 

Perlu diketahui, kompresor AC mobil terkadang menimbulkan suara berisik ketika AC dihidupkan dan suara tersebut akan hilang ketika AC dimatikan. 

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kompresor AC mobil berisik. Anda bisa menyimak informasi lengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik

Ada beberapa hal yang menyebabkan AC mobil berisik. Sebaiknya Anda dapat mengetahui penyebabnya tersebut dan setelah itu Anda bisa mencari solusi untuk menangani kompresor AC mobil berisik.

1. Ada Kebocoran

Salah satu penyebab kompresor AC mobil berisik adalah adanya kebocoran pada saluran AC. Jika ada kebocoran di saluran AC maka akan menyebabkan refrigerant menjadi cepat habis.

Dalam kondisi seperti ini maka akan menyebabkan gesekan piston dan bola-bola di dalamnya bakal semakin kuat. Sehingga akan timbul suara dari kompresor AC mobil.

2. Piston Aus

Penyebab selanjutnya kompresor AC mobil berisik adalah piston aus. Piston sangat berpengaruh terhadap kinerja AC mobil.

Sehingga jika piston yang dimiliki mobil tersebut telah aus, maka akan berdampak pada suara AC mobil yang berisik. Hal ini kerap terjadi pada mobil yang sudah berumur.

3. Komponen AC Tidak Terpasang dengan Benar

Dalam pemasangan komponen AC mobil haruslah tepat dan benar. Jika dalam pemasangannya tidak tepat maka akan ada bagian yang masih longgar diantara komponen tersebut.

Bagian yang longgar tersebut akan membuat AC mobil bergetar menimbulkan suara berisik.

4. Kompresi di Kompresor Hilang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kompresor AC mobil berfungsi memompa aliran gas freon agar freon mampu bersirkulasi ke semua komponen AC mobil. Jika kompresor AC mobil tidak bekerja dengan baik maka udara yang dipompa pun akan ikut melemah.

Dampaknya, akan muncul suara berisik dari AC mobil tersebut. Selain itu, udara yang dikeluarkan oleh AC mobil tersebut juga tidak dingin lagi.

5. Terjadi Masalah di Magnetic Clutch

Magnetic clutch merupakan komponen AC mobil yang berfungsi menghubungkan mesin dengan kompresor. Jika terjadi masalah pada magnetic clutch maka kinerjanya tidak maksimal dan akan timbul suara berisik dari AC mobil.

6. Terdapat Benda Asing

Penyebab terakhir yang membuat AC mobil berisik adalah adanya benda asing dalam sistem AC mobil Anda. Adanya benda asing tersebut meskipun kecil akan menimbulkan suara berisik dari AC mobil.

Sebaiknya bersihkan kabin mobil secara berkala, agar hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi.

Tips Otoklix Atasi Kompresor AC Mobil Berisik

Jika Anda telah mengetahui penyebab kompresor AC mobil berisik, maka selanjutnya Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menangani hal tersebut. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatas AC mobil berisik.

1. Perhatikan Rembesan Oli

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek rembesan oli. Hal ini untuk mengetahui apakah benar AC mobil mengalami kebocoran atau tidak.

Jika benar mengalami kebocoran, Anda bisa mengatasinya. Caranya adalah dengan mengucurkan air sabun sedikit demi sedikit di titik yang mengalami kebocoran.

2. Bersihkan Komponen Kompresor

Jika Anda menemukan kompresor AC mobil Anda mengeluarkan suara, maka bisa saja disebabkan oleh bearing bambu yang berkarat. Anda bisa mengatasi hal tersebut sendiri.

Yaitu dengan cara menghilangkan karat pada bearing bambu dengan menggunakan amplas anti karat. Kemudian, Anda bisa memasukkan oli ke dalam kompresor.

3. Ganti Komponen Kompresor AC

Cara selanjutnya untuk menangani kompresor AC berisik adalah dengan mengganti komponen pada kompresor AC. Penggantian komponen kompresor tersebut dilakukan jika komponennya sudah mengeras sehingga tak lagi bisa menahan freon dan berujung menimbulkan suara.

Atau dengan kata lain komponen perlu dilakukan pergantian jika sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

4. Ganti Kompresor AC

Jika semua cara di atas telah Anda lakukan namun tidak membuahkan hasil, maka langkah terakhir adalah mengganti kompresor AC mobil. Jika seluruh cara telah dilakukan namun kompresor AC mobil masih berisik, ini berarti terjadi kerusakan yang cukup berat.

Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penggantian kompresor AC mobil di tempat service AC mobil  terdekat.

Cara Merawat Kompresor AC Mobil

Agar kompresor AC mobil Anda berjalan normal dan tidak menimbulkan suara berisik maka Anda perlu merawat dan membersihkannya secara teratur. Untuk merawat kompresor AC mobil bukanlah hal yang sulit.

Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini sebagai upaya merawat kompresor AC mobil.

  • Anda bisa menyalakan atau mematikan AC saat mesin ada di putaran rendah. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan menyalakan AC mobil saat rpm mesin sedang tinggi, karena akan terjadi gesekan antara puli dan center piece.

  • Sebaiknya hindari menyalakan AC mobil saat kondisi kabin panas. Anda bisa membuka terlebih dahulu semua kaca jendela dan pintu agar hawa panas di kabin keluar sebelum menyalakan AC.

  • Untuk menjaga kinerja AC mobil, sebaiknya Anda memanaskan AC mobil minimal tiga hari sekali.

  • Selalu jaga kebersihan kabin mobil Anda. Bersihkan sampah dan sisa-sisa kotoran di dalam mobil secara teratur.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kompresor AC mobil berisik tips dari otoklix. Semoga bermanfaat