JAKARTA -- Penyanyi senior Koes Hendratmo dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (7/9/2021). Penyanyi legendaris itu menghembuskan nafas terakhir dalam usia 79 tahun.

Dikutip dari Kompas.com, kabar berpulangnya Koes Hendratmo dibenarkan oleh putrinya, Bonita.

''Iya, benar (Koes Hendratmo meninggal dunia),'' kata Bonita saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Namun, Bonita belum bisa memastikan penyebab meninggalnya Koes Hendratmo.

''(Soal penyebab) saya belum tahu, Mas,'' lanjutnya.

Selama kariernya di dunia musik, Koes Hendratmo telah melahirkan sejumlah album studio, di antaranya Lambaian Bunga (1959), Sansaro (1968), Wanita Wanita (1970), Pop Batak Legendaris (2000), dan My Love for You (2011).

Selain karier musik, Koes Hendratmo juga dikenal sebagai pembawa acara.

Salah satu acara televisi yang melambungkan namanya adalah kuis Berpacu dalam Melodi.

Koes Hendratmo meninggalkan tiga orang anak, dua di antaranya mengikuti karier Koes di industri musik, mereka adalah Anda Perdana dan Bonita.

Koes Hendratmo menjadi salah satu penyanyi yang memperhatikan nasib para pelaku seni.

Ia pernah aktif sebagai Ketua Prisindo, yakni sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bertujuan guna melindungi hak-hak para pelaku seni dengan mengelola, mengumpulkan, sekaligus mendistribusikan royalti kepada para pemusik.

''Ya ini kerjaan kita, perjuangin hak para seniman. Baik yang sudah meninggal, baik yang sedang melangit di negeri ini. Itu yang kita perjuangkan,'' kata Koes, seperti dikutip dalam wawancara Kompas.com pada 2017.

Koes Hendratmo turut memperjuangkan masalah royalti musik para pelaku seni. Ia ingin para artis bisa hidup sejahtera.

''Koleksi royalti (para pelaku musik) adalah tanggung jawab. Saya ingin semua artis dan produser lebih sejahtera,'' tutupnya.

Profil Koes Hendratmo

Koes Hendratmo identik dengan program acara Berpacu dalam Melodi yang pertama kali tayang tahun 1988 hingga 1998.

Suara khas Koes Hendratmo ketika meneriakkan "Berpacu dalam Melodi" seperti sudah menjadi ciri khas yang melekat dengan program kuis bertema musik itu.

Popularitas acara tersebut menempatkan posisi Koes saat itu sebagai salah satu presenter paling populer di Indonesia, sekaligus MC dengan bayaran termahal.

Tidak hanya menjadi presenter untuk program Berpacu dalam Melodi, Koes juga diketahui merupakan presenter untuk acara musik PESTA yang pernah tayang di Indosiar.

Pemilik senyum cerah ini juga pernah tercatat sebagai bintang iklan salah satu produk pasta gigi ternama.

Lahir di Kediri, 9 Februari 1943, Koes juga diketahui sebagai ayah dari penyanyi Bonita.

Dikutip dari website-nya, Pendopo Koes Hendratmo yang menemukan bakat menyanyi dalam dirinya, memutuskan hijrah dari Yogyakarta ke Jakarta pada tahun 1964.

Selain musik, Koes juga tercatat pernah menjadi bintang film Magelang Kembali bersama dengan teman dekat sekaligus mentornya, Kris Biantoro.

Meskipun tak lagi seeksis dulu, Koes Hendratmo cukup aktif di berbagai acara dan sering membagikan kegiatannya lewat akun Instagram @koeshendratmo902.

Kegiatan terakhir yang dia bagikan melalui akun Instagram-nya adalah ketika menerima vaksin Covid-19 pada Maret 2021.***