PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Terkait penandatanganan MoU pengembangan teknologi peternakan sapi Australia antara Pemda (Pemerintah Daerah) Pelalawan melalui Dinas Peternakan (Disnak) Pelalawan bersama Pusat Tekhnologi Produksi Pertanian (PTPP) Pusat, di awal ini akan dilakukan percobaan cikal bakalnya terlebih dahulu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Pelalawan, Ir T Wahiduddin, Minggu (25/5/2014). Dikatakan Wahiduddin, dalam awal kerjasama itu, akan diawali dengan uji coba bakal sapi Australia di lokasi Teknopolitan.

"Di awal ini, akan kita coba cikal bakalnya dulu. Dan dilanjutkan dengan konsep besarnya dengan dibangunnya sarana dan prasarana,"tuturnya.

Dijelaskanya, sedangkan pihak yang memasok sapi Australia tersebut nantinya adalah investor yang sudah ada kerjasama dan telah ada kesepakatan bersama pihak Pemda Pelalawan dalam hal ini Disnak Pelalawan.

"Kerjasama dengan BPPT Pusat terkait masalah pengelolaan pakan dan teknologi tersebut, merupakan kerjasama dalam jangka panjang. Dilokasi Teknopolitan nantinya, selain ada kelapa sawit juga ada ternak sapinya,"jelasnya.

Selain itu, Wahiduddin mengungkapkan, seperti ditahun sebelumnya, di tahun 2014 ini, Disnak Pelalawan ada program bantuan sapi untuk masyarakat Pelalawan. Namun, Wahiduddin tidak menyebutkan secara rinci jumlah bantuan sapi untuk masyarakat tersebut.

"Bantuan sapi ada, tujuanya untuk memenuhi populisai sapi di masyarakat dan untuk meningkatkan produksi daging,"tandasnya.(rkn)