PEKANBARU, GORIAU.COM - Penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Provinsi Riau terus bertambah. Berdasarkan data yang diberikan Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Rabu (12/3/2014), penderita ISPA sudah mencapai 43.605 jiwa.

Jumlah ini mengalami peningkatan drastis dibanding dua hari sebelumnya, yang masih berada di angka 38.744 jiwa. "Penderita ISPA terus bertambah, kali ini mencapai 43 ribuan," kata Kepala Diskes Riau, Zainal Arifin, Rabu (12/3/2014).

Begitu juga dengan penyakit lainnya, juga mengalami peningkatan. Seperti pneumonia yang sudah mencapai 812 jiwa, menyusul penyakit asma sebanyak 1.628 jiwa, penyakit mata sebanyak 1.512 jiwa dan penyakit kulit sebanyak 2.197 jiwa.

Sementara untuk langkah antisipasi, Diskes Riau hanya bisa menginstruksikan agar masyarakat tidak banyak melakukan kegiatan di luar rumah. Karena dampak kabut asap yang semakin pekat akan memberikan efek sangat besar terhadap kesehatan.

Bahkan dirinya mengaku sering menemukan masyarakat yang melakukan aktivitas di luar seperti senam pada pagi dan sore hari. Kondisi ini hampir terlihat setiap hari, seperti di Lingkung Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau.

"Kami masih sering menjumpai masyarakat yang melakukan olahraga pada pagi dan sore hari. Ini sangat membahayan. Dimohon kepada masyarakat agar tidak banyak melakukan aktivitas di luar ruangan," kata Zainal.***