PEKANBARU, GORIAU.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mencatat hingga 24 Februari 2014 kemarin, total penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Riau sudah mencapai 21 ribu jiwa.


Angka ini menunjukkan peningkatan pada hari sebelumnya yang mencatat baru sekitar 20 ribu jiwa yang terserang ISPA. Hal ini disampaikan Kepala Diskes Riau, Zainal Arifin, Selasa (25/2/2014) kepada wartawan.


"Terhitung sejak 24 Februari 2014 kemarin, total penderita ISPA di Riau sudah mencapai 21 ribu jiwa. Ini harus mendapat perhatian juga dari kabupaten/kota," kata Zainal.


Dijelaskannya, pada Januari 2014, baru tercatat sebanyak lima ribu jiwa yang terserang ISPA. Angka tersebut jauh meningkat ketika kabut asap semakin meluas di kabupaten/kota di Riau pada Februari.


"Januari lalu baru lima ribu, sekarang sudah mencapai 21 ribu," ujar Zainal.


Sementara dirinya menyebutkan, status kabut asap di Riau saat ini belum bisa dikatakan Kejadian Luar Biasa (KLB). Karena status tersebut baru ditetapkan setelah minimal enam kabupaten/kota menyatakan siaga darurat.


Untuk itu, Zainal tetap menghimbau kepada kabupaten/kota untuk terus berkoordinasi dengan sektoral terkait mengenai penanggulangan dan antisipasi kabut asap ini.


"Kabupaten/kota harus bekerjasama dan terus berkoordinasi dengan lintas sektoral. Karena status Riau belum bisa dikatakan KLB jika belum memenuhi kriteria yang ditentukan," sambungnya.***