PEKANBARU – Pendaftaran lelang Pasar Wisata atau Pasar Bawah, Jalan Ahmad Yani telah tutup. Terdata 3 perusahaan yang telah mendaftar lelang ini dan akan segera diverifikasi.

"Ada tiga perusahaan yang mendaftar. Mulai besok, tim akan melaksanakan verifikasi," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu (11/5/2022).

Ia menjelaskan, Pemko Pekanbaru ingin memaksimalkan keuntungan dalam pengelolaan pasar ini. Lelang dilakukan dengan sistem Kerja Sama Pemanfaatan (KSP).

"Pola KSP kita lakukan, karena selain tanah, kita sudah punya bangunan. Tanggal 17 Mei besok sudah habis kontrak dengan PT Dalena, setelah itu otomatis menjadi milik pemerintah. Jadi polanya KSP, KSP ini bisa dilaksanakan selama 20 tahun dan bisa 30 tahun," jelasnya.

Sementara itu, Ingot mengatakan pihaknya ingin ada pembenahan untuk pasar ini. Dimana pasar tersebut agar memiliki ciri khas yang dapat menjadi ikon wisata di Pekanbaru.

"Pembenahan, ada rencananya direnovasi tidak struktur. Hanya ornamen agar kesan ikonik wisatanya biar lebih hidup," pungkasnya. ***