RUPAT UTARA - Pertunjukan Tari Zapin Api di Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Bengkalis, Jumat (15/7/2016) malam, berlangsung menegangkan. Dimana, si penari bertepuk-tepuk tangan sambil menari dan asik bermain dengan bara api yang masih membara.

Tari yang menggunakan mediator bara api dari sabut kelapa itu dimulai dengan membacakan mantra dan dibakarkan kemenyan. Kemudian, untuk menghindari pantangan, tetua dalam tari memperingatkan agar masyarakat yang menonton tidak memainkan segala benda yang berhubungan dengan api. Konon saat melihat bara api ataupun korek api menyala sekalipun, si penari Tari Zapin Api bisa sewaktu-waktu menyambar.

Saat wangi semerbak pemakaran kemenyan mulai tercium, peserta tari yang bertelanjang dada hanya mengenakan celana pendek tersebut duduk menghadap ke tungku kecil pembakaran. Mereka terus menghirup wanginya asap kemenyan sembari diiringi lantunan musik kompang dan gambus.

Tak berselang lama ketika suara kompang dan gambus semakin mendayu-dayu, satu persatu peserta tari kerasukan dan menari-nari mengikuti lantunan nada yang dimainkan.

Dalam kondisi menari dengan mata terpejam, pertunjukan Tari Zapin Api mengagetkan pengunjung yang baru pertama kali menyaksikannya. Pasalnya, si penari lantas menari-nari diatas bara api dan menendang-nendang bara api menyala yang telah disiapkan sebelumnya.

Berikut video pertunjukan Tari Zapin Api yang berhasil diabadikan oleh GoRiau.com. ***