BAGANSIAPIAPI - Penabalan Gelar Kesukuan dan pengukuhan Dewan Pengurus Harian (DPH) Majelis Tinggi Kerapatan 4 Suku Melayu Kenegerian Kubu, Senin (24/2/2020) di Mesjid Al Furqon Kubu oleh Zuriat Kesultanan Siak TH Muktar Anam berlangsung khidmat.

Empat suku Melayu Kenegerian Kubu yang dilantik adalah Suku Rao dipangku Nurul Khairin bergelar Datuk Jaya Perkasa, Suku Hamba Raja dipangku Kamalul Matwafa bergelar Datuk Setia Diraja, Suku Aru dipangku H Abdul Karim MY bergelar Datuk Paduka Samadiraja dan Suku Bebas dipangku Hasan Basri bergelar Datuk Indra Bangsawan.

Turut hadir dalam pengukuhan penabalan gelar Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin dan rombongan serta pemuka suku, adat dan tokoh masyarakat Kubu dari Pekanbaru, Duri, Dumai dan kota-kota lainnya di Riau dan Sumut.

Sebelum penabalan, empat suku Kenegerian Kubu sebelumnya menggelar musyawarah bersama beberapa waktu lalu sepakat membentuk Dewan Pengurus Harian (DPH) Majelis Tinggi Kerapatan Adat Empat Suku Melayu Kenegerian Kubu yang dipimpin Datuk Nurdin Muhammad Tahir dan Datuk Zulhaifi ST sebagai Sekretatis serta H Bukrim sebagai bendahara.

Datuk Nurdin Muhammad Tahir yang akrab disapa Nurdin MT didampingi Zulhaifi ST menyebutkan masalah ini sudah dituangkan dalam Akta Notaris berbadan Hukum mengingat wilayah Kubu pada zaman Kesultanan Siak Reealing Voor Koeboe dan Besluit (Perayran) Tahun 1890-1916 hingga saat ini.

''Tujuan kami ingin lembaga Majelis Tinggi Kerapatan Empat Suku Kenegerian Kubu ini bermitra dan sejajar dengan pemerintah dalam membangun sisi hukum, adat istiadat, mendorong Pemkab dan DPRD Rohil membuat Perda menyangkut hukum adat, ulayat yang mengacu pada UU Ulayat dan Adat,'' terang Datuk Nurdin Muhammad Tahir.

Ia menambahkan setelah dikukuhkan dan ditabalkan menyusun program kerja, misi, visi Kubu kedepanya. ''Kenegerian Kubu ini sangat luas dulunya dan empat suku ini mendiami Bagan Senembah, Simpang Kanan, Balai Jaya, Kubu dan Kubu Babussslam,'' ucap Ketua Majelis Tinggi Kerapatan Adat Empat Suku Kenegerian Kubu ini.

Kilas balik sejarah ketika Kesultanan Siak Sri Indrapura Kenegerian Kubu dibentuk dengan 4 (empat) suku meliputi suku Rao, Hamba Raja, Aru dan suku Bebas dan masing-masing suku dipimpin seorang datuk sesuai Teeling Voor Koeboe 1890.

Panitia Pelantikan dan Pengukuhan Zulhaifi ST menyebutkan pihaknya berterima kasih atas dukungan masyarakat atas suksesnya helat adat tersebut. ''Alhamdulillah berjalan sukses sesuai rencana, terima kasih atas dukungan masyarakat atas prosesi adat ini,'' ucap Zulhaifi ST.

Dengan adanya Majelis Tinggi Kerapatan Empat Suku Melayu Kenegerian Kubu, masyarakat setempat berharap dapat mengayomi anak kemenakan menegakkan maruah kelembagaan serta memberikan kontribusi dalam pembangunan Kubu dan sekitarnya di masa mendatang dengan bermitra dengan Pemkab Rohil. ***