DOHA - Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 digelar di Stadion Al-Bayt, Al-Khor, Doha Utara, Qatar, Ahad (20/11/2022) malam WIB. Lantunan ayat suci Alquran mewarnai upacara tersebut.

Dikutip dari Inews.id, sesaat sebelum upacara pembukaan dimulai, terlihat Presiden FIFA Gianni Infantino hadir di tribun kehormatan. Dia saling bertegur sapa dengan Raja Qatar Amir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

GoRiau Ghanim Al-Muftah ditunjuk oleh
Ghanim Al-Muftah ditunjuk oleh pemerintah Qatar sebagai Duta Piala Dunia 2022. (Dok. Doha News/ liputan6.com)

Tak lama kemudian, hitung mundur menandakan detik-detik dimulainya upacara pembukaan. Kemudian disambung dengan cuplikan video ilustrasi yang menunjukkan keberagaman yang bersatu.

Setelahnya, tersaji tarian dari ratusan penampil di lapangan. Mereka menyajikan tarian khas Timur Tengah dengan nuansa misterius.

Berikutnya datanglah aktor terkenal dunia Morgan Freeman ke tengah lapangan. Di sana dia bertemu dengan seorang pemuda disabilitas yang terkenal di Timur Tengah, Ghanim Al-Muftah.

Di momen itu, mereka saling berbincang di tengah lapangan. Ghanim kemudian membacakan sepotong ayat suci Alquran untuk membuat suasana tersebut menjadi lebih khidmat.

Ghanim melantunkan sepenggal ayat Alquran Surat Al Hujurat Ayat 13, "Ya ayyuhannasu Inna kholaqnakum min dzakarin wa untsa waja'alnaakum syu'uban waqobaaila lita'aarofu Inna akromakum 'indallahi atqokum...". Terjemahannya: "Hai manusia sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa...."

Dikutip dari Liputan6.com, sebelumnya dari unggahan akun Twitter @FaktaSepakbola menyebutkan bahwa, ajang Piala Dunia 2022 Qatar akan dibuka dengan lantunan lafal ayat suci Al-Qur'an, yang merupakan pertama kali dalam sejarah dunia sepak bola.

"Pembukaan Piala Dunia akan diramaikan dengan ayat-ayat suci Alquran yang dibacakan oleh Ghanim Al-Muftah. Ghanim Al-Muftah, 20 Tahun merupakan salah satu Duta Piala Dunia 2022 Qatar ini. MasyaAllah," tulis akun Twitter @FaktaSepakbola.

Ghanim Al Muftah merupakan penyandang disabilitas berumur 20 tahun tanpa kaki yang lahir dengan kondisi langka Caudal Regression Syndrome (CDS).

Dia sudah menginspirasi banyak orang atas berbagai aktivitas di tengah keterbatasan yang ia alami.

Dalam acara pembukaan ini juga diputar nyanyian resmi Piala Dunia 2022 dari tahun ke tahun.

Setelahnya kehadiran personel BTS Jungkook semakin memeriahkan seremoni kali ini. Musisi asal Korea Selatan itu menyanyikan "Dreamers" yang menjadi salah satu lagu resmi Piala Dunia 2022.***