PEKANBARU, GORIAU.COM - Peningkatan kualitas pendidikan di Riau menjadi salah satu program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ke depan. Berbagai program tengah digagas agar nantinya Riau mampu bersaing dengan seluruh daerah di Indonesia.

Salah satu program yang digagas Pemprov bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau adalah dengan penguatan di Sumberdaya Manusia (SDM) tenaga pendidik mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Ke depan, guru SMA sudah wajib S2 nantinya. Sementara untuk dosen harus S3," tegas Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman.

Selain itu, Pemprov Riau juga tetap melanjutkan program beasiswa bagi mahasiswa, baik untuk lokal maupun di luar daerah. Namun yang menjadi patokan utama, minimal dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3.00.

"Jika ini diterapkan, mudah-mudahan mutu pendidikan di Riau ke depannya semakin baik. Ditambah lagi kita sudah melakukan kerjasama dengan beberapa universitas di luar negeri," tambah Plt Gubri.

Artinya Pemprov Riau komit untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan betul-betul mengevaluasi para penerima beasiswa. Dengan kata lain, mereka yang menerima adalah benar-benar yang berkualitas dan berdaya saing tinggi ke depan.

Namun di sisi lain, Provinsi Riau dinilai masih minim ketersediaan universitas. Kerjasama yang baru saja dilakukan dengan Universiti Utara Malaysia (UUM) bersama Universitas Riau dan Universitas Islam Riau diharapkan mampu memberikan perubahan terhadap perkembangan dunia pendidikan Riau.

"Kita masih minim memiliki universitas, kerjasama dengan sejumlah universitas lain diharapkan mampu menggantikan peranan keterbatasan itu," harap Plt Gubri.***