PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar sosialisasi Sensus Ekonomi tahun 2016 dengan tema Menyediakan Informasi untuk Pengembangan Usaha dan Daya Saing Bangsa. Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru HM. Sukri Harto digelar di Hotel Alpa, Selasa (22/12/2015).

Dalam sosialisasi ini, hadir Kabid Statistik Produksi BPS Provinsi Riau Ir.Tri Wahyu Joko Pratomo, MSi,Kabid Neraca Wilayah Provinsi Riau Joni Kasmuri, S.ST, SE, ME dan Kepala BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Pekanbaru Dewi Kristiani, SE sebagai pembicara. 

Sekdako mengatakan, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), Pemko Pekanbaru melalui Badan Pusat Statistik melakukan sosialisasi Sensus Ekonomi tahun 2016 dengan tujuan mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan, kecuali pertanian.

Sensus ekonomi ini sendiri diselenggarakan setiap 10 tahun sekali. Hal ini diharapkan agar benar-benar dilakukan dengan seksama dalam hal pengumpulan data dasar seluruh kegiatan ekonomi yang ada di Kota Pekanbaru. Sensus Ekonomi 2016 ini juga bermanfaat bagi pelaku usaha, pemerintah, peneliti atau akademisi dan masyarakat dalam mengetahui informasi pengembangan usaha, posisi dan peluang usaha, daya saing usaha, landasan perencanaan, pengambilan kebijakan, evaluasi kegiatan, bahan penelitian ilmiah dan pengamatan bidang ekonomi.

"Semoga dengan diadakan sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 ini diharapkan kepada Badan Pusat Statistik mendapatkan data dasar informasi seluruh kegiatan ekonomi Kota Pekanbaru dengan valid," ungkap Syukri Harto.

Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 ini diikuti semua SKPD terkait dengan ekonomi, camat se Kota Pekanbaru, asosiasi yang bergerak di bidang perekonomian seperti Kadin, Apindo, Gapensi, Gappindo, pengelola mal dan Pasar Bawah. rls