SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Riau akan menyiapkan 5 ribu sapi untuk peternak yang akan direalisasikan tahun depan (2022).

Sebagaimana diungkapkan Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) Kepulauan Meranti, Sri Novriani melalui Kabid Peternakan, drh Syafrilia Wulandari bahwa wacana Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH menyiapkan bantuan sapi untuk peternak.

"Iya, itu wacana pak bupati menyiapkan bantuan sapi untuk peternak. InsyaAllah akan direalisasikan dalam APBD murni 2022," ujar drh Syafrilia Wulandari, Senin (7/6/2021).

Meski difokuskan pada tahun depan, lanjut Syafrilia, DKPTPP tetap menjalankan progres awal dari program tersebut pada tahun ini. Mereka akan menggelar pelatihan secara berkala kepada calon penerima agar bisa mengetahui tata cara dan syarat dalam pemeliharaan.

"Jadi nanti setelah jalannya APBD perubahan tahun ini, pak bupati mengarahkan untuk pelatihan terlebih dahulu yang dilakukan. Kemudian baru realisasi pengadaan sapi untuk peternak di tahun 2022 mendatang," kata Syafrilia.

Sejumlah calon penerima sudah ada yang melampirkan atau mengusulkan proposal untuk mendapatkan bantuan itu. Ada sekitar 62 proposal yang diterima oleh DKPTPP.

"Proposal dari calon penerima sudah kita terima, ada 62 proposal yang masuk di seluruh 9 kecamatan. Mereka yang mengusulkan akan diberi sesuai dengan jumlah sapi yang disiapkan," jelas Syafrilia.

Dalam kalkulasi yang diatur di program strategis bupati itu, satu kelompok yang diisi oleh 10 orang akan menerima bantuan sapi sebanyak 100 ekor. Artinya satu orangnya bakal memelihara 10 ekor sapi ternak. 

"Saat kita lakukan CPCL atau mengecek calon penerima, calon lokasi di beberapa desa kebanyakan peternak tak mampu jika menerima 10 ekor, mengingat ada pekerjaan yang lain. Namun bupati tetap memperbolehkan minimal 5 ekor untuk satu orang. Jadi kalau sanggup 5 ekor berarti satu kelompok itu diberi 50 ekor sapi," terang Syafrilia lagi.

Dikatakan Syafrilia, upaya ini merupakan salah satu program strategis yang digaungkan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti (Adil - Asmar), untuk digesa dalam meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat di seluruh wilayah Meranti.

"Program ini targetnya untuk meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga mereka dapat menambah atau mencukupi pendapatan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.***