SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Bupati H Muhammad Adil SH bersama Forkopimda, jajaran pejabat Dilingkungan Pemkab Meranti serta masyarakat, mengikuti Salat Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi di Halaman Kantor Bupati Meranti, Kamis (13/5/2021).

Salat Ied yang digelar oleh Pemkab Meranti tetap dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer.

Bertindak sebagai imam, Muhammad Sodiq SAg, Zulfan sebagai Bilal dan penceramah Kakan Kemenag Meranti, Agustiar SAg.

Pada kesempatan itu, Bupati H Muhammad Adil, mengharapkan Idul Fitri 1442 ini mampu menjadi momentum bagi semua untuk bangkit membangun daerah dalam rangka mengejar ketertinggalan sehingga mampu sejajar dengan kabupaten/kota lainnya yang lebih dulu mekar.

"Mari bersama kita dukung pembangunan Meranti dengan melakukan berbagai perubahan kearah yang lebih baik menuju Meranti maju, cerdas dan bermartabat," ujar bupati.

Untuk mencapai hal itu, dikatakan Bupati Adil, sebagaimana dikutip dalam hadist riwayatkan "Imam Tirmidzi" bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, sehingga masyarakat Meranti termasuk dalam golongan orang yang beruntung.

Lebih jauh dikatakan bupati, hikmah di balik hadist tersebut hendaknya dapat memotivasi semua untuk selalu berbuat dan berpikir serta berupaya untuk mengejar ketertinggalan sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti yaitu "Menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas, dan Bermartabat"

Saat ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata, untuk mewujudkannya diperlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang diaktualisasikan melalui kerja nyata disertai doa.

"Semoga dengan semangat Ramadan dan Idul Fitri tahun ini kita mampu membangun Meranti yang lebih baik lagi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari Kota hingga ke pelosok desa," ucapnya lagi.

Kemudian, dihari yang fitrah itu Bupati Adil juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga kehidupan yang aman serta harmonis.

"Mari kita pererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan dengan sesama, agar kemenangan yang kita raih hari ini, dapat lebih sempurna dan menjadi manusia yang Insya Allah dicintai oleh Allah Subhanahu Wata’Ala," ujar Bupati Adil.

Tak lupa Bupati Adil juga mengajak kepada semua pihak untuk bersinergi, bahu membahu dalam mengatasi dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kepulauan Meranti. Yakni dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Meranti mengingatkan, salah satu hikmah Idul Fitri adalah, saling memaafkan, namun bukan hanya sekedar ucapan yang menjadi tradisi, tetapi kefitrian ini harus dapat membentuk semua selalu menjalin tali silahturahmi di antara sesama manusia. Pererat persaudaraan yang didasari oleh kesatuan dan persatuan yang kokoh, serta nafas Iman dan Islam sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Berpegang teguhlah kamu kepada tali allah, dan janganlah kamu bercerai berai” ucapnya lagi.

Menutup sambutannya atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah daerah, Bupati Adil, mengucapkan Selamat Merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah.

"Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, kepada seluruh masyarakat Meranti," pungkasnya.

Rangkaian kegiatan Salat Idul Fitri 1442 H, dilingkungan Pemkab Meranti ditutup dengan mendengarkan tausiah yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Meranti Agustiar SAg.

Dalam tausiahnya, Kakan Kemenag Meranti mengajak seluruh jamaah untuk memaknai Ramadan dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.***