SIAK - Kabupaten Siak salah satu anggota dari Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) yang berkomitmen dalam mempercepat implementasi dan penurunan emisi melalui prinsip open government. Untuk itu kini perlu formulasi tim dan kerangka kegiatan dalam mendukung Siak Hijau serta untuk daya saing daerah.

Seperti halnya yang dikatakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Budhi Yuwono saat memimpin rapat Formulasi tim dan kerangka daya saing daerah pada, Rabu pagi(15/01/2020) kemarin di ruang Sri Indrapura yang di ikuti oleh beberapa perwakilan dari OPD di lingkungan Pemkab Siak maupun dari Tim LTKL.

Dalam rapat itu, Budi berharap ada diskusi tentang data terkait dengan kerangka daya saing daerah. Siak sebagai anggota LTKL telah menyepakati bahwa pengukuran dan pelaporan perkembangan komitmen daerah merupakan hal yang sangat penting untuk ditindak lanjuti.

"Sistem pelaporan daerah yang kredibel ini akan mendorong daya saing daerah dan menarik potensi insentif yang berkelanjutan. Yang perlu kita identifikasikan yaitu tentang kegiatan yang mendukung Siak hijau, sehingga bisa menginformasikan seluruh komoditas data yang ada di kabupaten Siak,” jelasnya.

Budhi juga menjelaskan Sekretariat LTKL bersama dengan kabupaten anggota dan jaringan mitra LTKL memformulasikan kerangka daya saing daerah (KDSD) yang merupakan rangkuman dari kebijakan nasional dan kerangka berbasisi pasar untuk peningkatan produktivitas komoditas lestari yang diselaraskan dengan kebijakan daerah.

“Tujuan utama dari KDSD adalah menyederhanakan proses pengukuran dan pelaporan pada kabubpaten LTKL. Selain itu dengan merangkum kriteria dan kerangka utama diharapkan kabupaten mampu melaksanakan salah satu proses untuk berbagi kegunaan,” tutupnya. ***