TEMBILAHAN - Pawai taaruf kontingen Inhil pada MTQ Provinsi Riau, Rabu (12/12/2018), diikuti 190 kafilah termasuk pejabat eselon Pemkab Inhil ketika melintasi panggung menampilkan Tarian Syair Ibarat Kabar Kiamat yang merupakan karya Tuan Guru Sapat, Syekh Abdurrahman Siddiq bin Muhammad 'Afif bin Mahmud bin Jamaluddin Al-Banjari.

Dinahkodai Wakil Bupati Inhil, Syamsuddin Uti (SU) para kafilah juga membawa Asma Al-Husna yang melambangkan kebesaran Allah.

Ada pula penampilan mobil hias yang berbentuk Masjid dengan arsitektur modern, yang melambangkan agama islam.

Pada mobil hias ini juga terdapat Visi Kabupaten Inh 2018-2023 dibawah kepemimpinan HM Wardan dan SU yakni Untuk Kejayaan Inhil yang Semakin Maju, Bermarwah dan Bermartabat.

Usai Tarian Syair Ibarat Kabar Kiamat dilanjutkan dengan pemberian cenderamata berupa kaligrafi dan buku Tarian Syair Ibarat Kabar Kiamat oleh Bupati Inhil, HM Wardan kepada Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim. 

''Kita berharap Inhil bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, kepada seluruh masyarakat Inhil dimohonkan do’anya untuk kafilah Inhil,'' harap Bupati.

Ia juga mengaku gembira dan senang atas apa yang ditampilkan oleh kafilah yang berupa Tarian Syair Ibarat Kabar Kiamat tersebut, karena menurutnya, itu adalah ciri khas Inhil yang memiliki keunggulan program di bidang agama.

Syekh Abdurrahman Siddiq sendiri adalah Mufthi kerajaan Indragiri yang lahir pada tahun 1867 M di Kampung Dalam Pagar Martapura dan wafat pada tahun 1939 M di Kampung Hidayat Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri, Inhil. ***