PEKANBARU - Pengerjaan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai di Provinsi Riau, terus digesa pembangunannya. Jalan tol yang memiliki panjang 131 kilometer ini, melintasi Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Bengkalis dan Kota Dumai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Riau, Dadang Eko Purwanto mengatakan, dari informasi yang didapatnya, saat ini pihak kontraktor sedang menggesa penyelesaian pembangunan untuk enam seksi yang ada.

"Target penyelesaian jalan ton ini, 28 Desember 2019. Untuk pengerjaan fisiknya saat ini sedang dalam penyelesaian. Harapannya jalan tol ini sudah rampun pembangunannya akhir tahun ini," kata Dadang kepada GoRiau.com, Kamis (28/11/2019).

Saat ditanya kapan dioperasikan, Dadang belum bisa memastikannya. Karena masih menunggu informasi lanjutan dari Kementerian PU.

"Kalau kita berharap, jalan tol ini bisa secepatnya dioperasionalkan. Karena banyak manfaat dari Jalan Tol Pekanbaru - Dumai ini," ungkap Dadang.

Dampak ekonomi dengan adanya jalan tol ini, dikatakan Dadang, perpindahan orang dan barang akan lebih cepat lagi. Sebab, waktu tempuhnya dari Pekanbaru ke Dumai akan lebih singkat. Dibandingkan menggunakan jalan lintas. Jalan nasional dan provinsi pun tidak mudah rusak, sebab truk besar bisa masuk jalan tol.

"Pertumbuhan ekonomi pun akan menjadi lebih meningkat. Dengan adanya tempat istirahat dan pintu keluar serta masuk dibeberapa titik, akan menumbuhkan geliat ekonomi masyarakat," ujar Dadang.

Terpisah, Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, dengan adanya Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, menjadi stimulus pembangunan yang merata diseluruh Riau. Dan dapat meningkatkan, serta memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau sekaligus kota bisnis dan Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan yang maju, dan agribisnis.

"Proyek Jalan Tol Pekanbaru - Dumai merupakan proyek strategis nasional, yang mulai dikerjakan pada tahun 2016 dan menelan biaya sekitar Rp 16,21 triliun. Kita berharap, masyarakat bisa menikmati jalan tol ini sesegera mungkin dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," jelas Syamsuar kepada GoRiau.com.

Jalan Tol Pekanbaru - Dumai memiliki enam seksi ruas. Diantaranya, seksi I Pekanbaru-Minas (9,5 km), Seksi II Minas-Petapahan (24,1km), seksi III Petapahan-Kadis Utara (16,9km), seksi IV Kandis Utara-Duri Selatan (27,23 km), seksi V Duri Selatan-Duri Utara (27,23), dan Seksi VI Duri Utara-Dumai (24,65 km). ***