JAKARTA - Sebanyak 225 pemanah dari 51 klub, di antaranya dari negeri tetangga Malaysia, bersaing memperebutkan juara dalam Kejuaraaan Panahan Kartini Cup III 2019 yang digelar di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno Jakarta, 19-24 April 2019.

"Animo cukup besar mengikuti Kejuaraan Panahan Kartini Cup III 2019 ini, baik peserta dalam negeri dan dari negara tetangga Malaysia. Bahkan peserta Malaysia pada hari H menambah jumlah peserta. Ini menandakan kejuaraan ini punya standart di mata mereka sebagai event untuk mematangkan prestasi mereka di kemudian hari," kata Ketua Panitia Penyelenggara Kejuaraan Panahan Piala Kartini 2019, Indrie HP Koentjoro, di Jakarta, Jumat, 19 April 2019. 

Hal senada diutarakan Nasri, salah satu orang tua pemanah dari ABJ Archery Selangor, yang mengatakan jika dirinya sangat senang jika anaknya dapat berkompetisi pada Kejuaraan Panahan Piala Kartini III 2019.

"Terlebih bertanding di lapangan yang punya standart Asian Games, jadi terasa benar kompetiusi yang sesungguhnya. Di Malaysia hanya atlet elit yang mungkin akan dapat bertanding di lapangan sebagus ini, tapoi di sini kami berkesempatan menjajalnya," tutur Nasri.

Ads
Di event bergengsi ini, pemanah asal Malaysia yang meraih perunggu nomor Compound Putra Asian Games Jakarta-Palembang 2018, Mazuki Juwaidi dan Ruslan Zulfadhli, dipastikan akan tampil guna bersaing merebut juara.

"Besok (hari ini-red) peraih perunggu Asian Games 2018, Mazuki Juwaidi dan Ruslan Zulfadhli, akan turun bertanding. Ini menjadikan kesempatan kepada pemanah-pemanah terbaik Indonesia untuk dapat menjajal kemampuan melawan pemanah yang kemungkinan besar menjadi pesaing di SEA Games Filipina 2019 nanti," jelas Indrie.

Ditambahkan Indrie, pemanah nasional Indonesia dapat memanfaatkan event ini untuk mengukur kemampuan sebelum mereka akan bersaing untuk bertanding di SEA Games 2019 Filipina.

"Kejuaraan Panahan Kartini Cup III/2019 dapat menjadi ajang uji kemampuan dengan pemanah Malaysia yang prestasinya cukup bagus di Asian Games 2018 lalu. Paling tidak mereka bisa terpacu malampaui prestasi keduanya saat tampil pada SEA Games Filipina 2019," pungkasnya  ***