SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Siak telah melakukan pertemuan dengan beberapa Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), dalam rangka pemantapan pengawasan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 9 April mendatang.

"Kemaren kami telah melakukan koordinasi dengan Gakkumdu, membicarakan bagaimana penindakan pelanggaran Pemilu," ujar Ketua Panwaslu Siak Aries Susanto, SHut kepada GoRiau.com, Rabu (12/3/2014).

Dalam pertemuan tersebut, disepakati segala sesuatu yang berkenaan dengan pelanggaran yang mengarah ke tindak pidana Pemilu akan ditangani oleh Gakkumdu. Gakkumdu terdiri dari Panwaslu, Polres Siak dan Kejari Siak. Dari Polres hadir Kasat Reskrim AKP Hary Budiyanto, Kejari Siak Kasi Pidum Ostar Alpansri.

Sebelumnya, Panwaslu juga melakukan beberapa kesepakatan dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Siak dan Pemuda Muhammadiyah. Dimana, OMS ikut mengawasi jalannya pelaksanaan Pemilu.

"Mulai dari tahapan kampanye, pencoblosan dan penghitungan suara," urai Aries.

Menurut Aries, Pemilu akan berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diamanahkan demokrasi, ketika semua stakeholder bekerja sama. Sebab, jika hanya mengandalkan Panwaslu, kata Aries memiliki tenaga yang terbatas. "Tenaga Panwaslu sendiri sangat terbatas, untuk itu kita menggandeng OMS dan relawan," beber Aries.(san)