BENGKALIS - Salah satu pelabuhan tempat pelelangan ikan (TPI) milik Dinas Perikanan Provinsi Riau, yang berada di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, Bengkalis, nyaris roboh. Nelayan meminta pemerintah segera memperbaikinya.

Ari (38), salah satu nelayan di Tanjung Medang menyebutkan, pelabuhan itu dibangun oleh Dinas Perikanan Provinsi Riau. 

GoRiau

Kondisinya memang sudah tidak terawat sejak lama, begitupula posko yang ada di pelabuhan itu juga sudah lama terbengkalai.

“Ini sudah mau rubuh, lama tidak diurus. Kami nelayan juga khawatir tertimpa kalau seandainya pelabuhan ini rubuh tiba-tiba saat kapal kami bersender,” kata Ari, kepada GoRiau, Kamis (16/6/2022).

Ari menyebutkan, ada banyak nelayan yang bergantung pada pelabuhan itu untuk menyenderkan kapal yang digunakan untuk cari ikan.

“Ia ini sangat kami butuhkan pelabuhan ini. Kalau tidak ada ini gimana kami bersender ke darat. Ada banyak nelayan yang bergantung dengan pelabuhan ini,” lanjutnya.

Untuk itu, Ari berharap agar pemerintah yang berwenang untuk melihat dan berkenan memperbaiki pelabuhan itu. Karena sangat dibutuhkan oleh para nelayan di Tanjung Medang.

“Kalai bisa kami meminta, supaya pemerintah memperbaiki pelabuhan ini. Karna kami memang butuh, selain itu ini juga bisa membahayakan kami kalau ini tiba-tiba rubuh,” tutup Ari. ***

Tampak Pelanuhan TPI di Tanjung Medang Bengkalis, yang sudah mau rubuh, namun masih digunakan secara aktif oleh masyarakat. ***