SELATPANJANG - Salah seorang pejabat di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau mengundurkan diri setelah 12 tahun menjabat di kampung halamannya.

Pejabat yang mengundurkan diri itu yakni Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kepulauan Meranti, Helfandi SE MSi. Pengunduran diri ini efektif per tanggal 24 Juni yang ditandai dengan acara perpisahan di Mako Satpol-PP di Jalan Merdeka, Selatpanjang.

Helfandi yang dikonfirmasi wartawan mengenai hal ini membeberkan alasan dirinya mundur. Alasan ingin dekat bersama keluarga menjadi hal utama Helfandi memilih mengundurkan diri dari jabatan yang diembannya sejak awal Agustus 2019 lalu.

Mundurnya Helfandi menambah daftar panjang kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dibawah kepemimpinan Bupati Haji Muhammad Adil yang ingin pindah keluar daerah.

Surat pengunduran diri dibuat Helfandi pada Rabu (23/6/2021) lalu. Surat dengan perihal 'surat pernyataan pengunduran diri' itu ditujukan ke Bupati Kepulauan Meranti dan ditembuskan ke Badan Kepegawaian Daerah.

"Saya mundur dulu dari jabatan saat ini, karena ada rencana mau hijrah pindah tugas serta mau fokus dulu bersama keluarga di Pekanbaru. Mudah-mudahan proses pindah tugas saya akan segera selesai," kata Helfandi, Kamis (24/6/2021).

Dijelaskan, pengunduran diri itu tanpa ada paksaan dari pihak mana pun. Terlebih lagi dirinya sudah terhitung sangat lama mengabdi di tanah kelahirannya itu. Dia juga memohon maaf bila ada kesalahan selama menjabat.

"Ini semua saya lakukan tidak ada unsur apa-apa karena saya sudah 12 tahun mengabdi di tanah kelahiran saya sejak kabupaten ini berdiri, saatnya saya juga ingin penyegaran dan mencari pengalaman bekerja ditempat lain sekalian nambah wawasan," ujar Helfandi.

Diceritakannya, sejak Kabupaten Kepulauan Meranti berdiri pada tahun 2009 silam, dia merupakan salah satu orang pertama yang ikut dilantik waktu itu untuk mengisi jabatan dimasa kepemimpinan PJ Bupati Syamsuar yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Riau dengan jabatan Kepala Sub Bagian Protokol Sekretariat Daerah

Seiring dengan berjalannya waktu, pria kelahiran Desa Sungai Tohor itu juga sudah banyak menduduki posisi dan jabatan penting, diantaranya Kepala Subbagian Protokol dan Humas Bagian Umum Sekretariat Dewan, Sekretaris Camat Tebingtinggi Timur, Camat Tebingtinggi Timur, Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah, dan Camat Tebingtinggi Barat dan Camat Tebingtinggi.***