MERAUKE - Peraih emas PON XIX Jawa Barat, Nastrusnicu Roxana Andreea yang memperkuat Kalimantan Selatan (Kalsel) gagal mempertahankan medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua.

Roxana, yang merupakan atlet naturalisasi kelahiran Rumania 13 Januari 1989 itu harus puas di tempat ketiga dengan medali perunggu. Padalah, Rosana sudah mengungguli pegulat Jambi, Indri Sukmaningsih terlebih dahulu dengan skor 4-2 di semifinal.

Atlet yang resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada 17 Mei 2016 ini mengalahkan pegulat Jawa Barat, Yanti Hernanti dengan skor 11-0 dalam perebutan tempat ketiga cabor gulat kelas 76 kg bebas putri.

“Alhamdulillah sudah mendapatkan medali terbaik. Walaupun target saya emas tetapi cuma dapat perunggu. Insya Allah dimasa depan lebih bagus lagi,” tutur Roxana sambil meneteskan airmata haru usai pengalungan medali di GOR Head Sai.

Dikatakan, pihaknya sudah bekerja keras sehingga medali perunggu yang didapat serasa medali emas. Roxana mengakui, banyak ujian yang dialami saat bertanding namun sudah final.

“Alhamdulillah syukur, medali ini untuk anak saya yang pertama, Gibran dan keluarga Rumania yang sangat ditunggu-tunggu. Insya Allah dimasa depan saya akan pulang ke Rumania melihat mama papa,” ungkap pemilik nama Rahma Syufia ini.

Pegulat cantik ini justru semakin termotivasi tidak akan berhenti berjuang dan bakal mengikuti PON selanjutnya. “Semoga sampai saya dapat emas baru saya berhenti. Saya masih semangat lagi walaupun kali ini medali perunggu," lugasnya.

Di kesempatan yang sama, Koordinator kontingen Kalsel PON XX Klaster Merauke, H. Hesly Junianto menyampaikan terima kasih kepada pegulat puteri Kalsel yang telah menyumbangkan medali.

"Kami sangat berterima kasih sudah mendapatkan medali di Merauke dimulai dari atlet gulat putri. Ini medali yang pertama di Merauke. Suatu penghormatan luar biasa,” ujarnya seperti dilansir di laman ponxxpapua2021.

Menurut Hesly, keberhasilan Roxana meraih perunggu membangkitkan motivasi dan semangat warga Kalsel. Terlebih para atlet-atlet gulat putera yang masih bertanding di PON XX.

“Kita masih punya atlet gulat putera yang handal. Target emas sebanyak-banyaknya,” ucap pria murah senyum ini.

Terbukti, atlet gulat putra Kalsel memborong 2 medali emas dan 2 medali perunggu. Masih ada pertandingan lainnya yang digelar 14 Oktober 2021. ***