PANGKALAN KERINCI -Wakil Bupati Pelalawan, H Nasarudin meminta kepada seluruh perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Pelalawan untuk membangun kebun kas desa.

Perusahaan diminta untuk berkomitmen membangun kebun kas desa di wilayah operasionalnya.

Hal itu disampaikan Wabup Nasarudin saat panen perdana sawit kebun kas Desa Kiyap Jaya, Kecamatan Bandar Seikijang, Rabu (8/9/2021).

"Harapan kita, ada kemitraan antara desa dan perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan ini. Ada kemitraan khusus terhadap pembangunan kebun kas desa, juga hal-hal lain yang bisa dibuat oleh perusahaan," katanya.

Sehingga, lanjut Wabup, kedepannya desa bisa lebih mandiri. Seperti yang dilakukan PT Sinar Agro Raya (SAR) yang membangun kebun kas Desa Kiyap Jaya, seluas 5 hektare pada tahun 2019 lalu dan dilakukan panen perdana.

"Ini luar biasa program yang dibuat oleh perusahaan ini, bermitra dengan Desa Kiyap Jaya ini, dan ini harus kita galakkan," terangnya.

Dengan umur sawit yang baru berusia 2,5 tahun itu, sudah bisa dilakukan pemanenan. Menurutnya, bibit yang unggul akan menghasilkan panen yang bagus.

"Harapan kami kepada masyarakat Pelalawan, menanam sawit agar dengan bibit yang unggul dan paham juga dengan kondisi tanahnya. Imbauan kami agar masyarakat dan perusahaan bermitra," tandas Wabup Nasarudin.

Ketua DPRD Pelalawan, Baharudin mengatakan, apa yang dilakukan perusahaan grup Musim Mas tersebut perlu didukung dan digalakkan.

"Ini perlu didukung dan digalakkan dan perusahaan supaya bisa bermitra juga dengan masyarakat," katanya, yang juga hadir dalam acara panen perdana sawit kebun kas Desa Kiyap Jaya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, agar perusahaan lain di Kabupaten Pelalawan dapat meniru apa yang sudah dilakukan psrusahaan ini. Memang diperlukan saling membantu dan bermitra kepada perusahaan, selain perusahan dapat terbantu, masyarakat juga dapat terbantu melalui desa.

"Kita juga berharap kepada perusahaan yang lain, agar meniru apa yang dilakukan PT SAR ini. Perusahaan di Pelalawan agar berkontribusi bagi masyarakat di lingkungan perusahaan," jelas Baharudin.

Iwan Hartawan Hasibuan, Senior Manager PT Musim Mas mengatakan, perusahaan berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi dalam rangka mendongkrak ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya. Salah satu yang menjadi perhatian perusahaan adalah pembangunan kebun kas desa.

“Kami berharap kontribusi ini berimbas positif bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan,” katanya.

Diungkapkan dia, adapun bibit yang ditanam adalah jenis Dami Mas. "Ini semua tak terlepas juga jarih payah aparat desa dan masyarakat yang membantu kita sehingga kebun bisa seperti ini," tutur Iwan.***