JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dikabarkan "pamitan" politik dengan Presiden Joko Widodo karena sudah tidak searah pada Pilpres 2024. Besar kemungkinan, Nasdem akan berkoalisi dengan Demokrat dan PKS.

Pengamat politik Ahmad Khoirul Umam mengatakan hal itu bisa terjadi setelah adanya pertemuan Ketua Umum NasDem Surya Paloh dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

"Informasi yang beredar, kemarin itu Pak Surya Paloh bertemu dengan Pak Presiden di Istana," kata Umam, Sabtu (20/8/2022).

Umam mengaku mendapat kabar yang menyebut pertemuan tersebut merupakan pamitan NasDem ke Jokowi.

NasDem, kata dia, berpamitan sebagai penegasan beda arah politik di Pilpres 2024. Meskipun dari internal NasDem, pertemuan Surya Paloh dan Jokowi diklaim pertemuan rutin.

"Sejumlah informasi yang cukup valid yang intinya adalah sebagai bentuk pamitan secara politik sebagai penegasan dari titik beda dari arah perjuangan menuju di 2024," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan apabila pertemuan itu benar sebagai bentuk pamitan NasDem ke Jokowi, maka akan muncul koalisi baru menuju Pilpres 2024.

"Besar kemungkinan kutub kekuatan baru yang dimotori NasDem, Demokrat, dan PKS akan segera dideklarasikan pada waktu terdekat ini," pungkasnya. ***