HANOI - Ketua Komite Olimpiade (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari sukses merangkul peserta SEA Games untuk memikirkan prestasi olahraga negara kawasan Asia Tenggara. Di SEA Games 2021 Vietnam, Okto, panggilan akrabnya, menyebut NOC ASEAN telah mencapai sebuah kesepatan untuk meningkatkan standar SEA Games ke depannya.

"NOC Indonesia bersepakat dengan NOC lain dalam kesempatan bertemu di beberapa kegiatan bahwa kami semua sepakat untuk meningkatkan kualitas standar SEA Games. SEA Games harus memiliki standar yang lebih baik lagi pada tahun-tahun ke depan," kata Okto dalam jumpa pers di Main Press Center, Hanoi, Vietnam, Selasa (17/5/2022).

Untuk mendukung peningkatan standar tersebut, jelas Okto, setiap NOC telah menyiapkan catatan-catatan dari SEA Games 2021 serta ajang dua tahunan dari edisi sebelumnya yang perlu diperbaiki. Nantinya, catatan itu akan diberikan ke Southeast Asian Games Federation (SEAGF).

"Semua catatan-catatan itu akan dikumpulkan dan dijadikan rujukan resmi sebagai peningkatan standar pelaksanaan SEA Games mendatang," ungkapnya.

Meski ada kesepakatan untuk menaikkan standar SEA Games 2021, sejauh ini belum diungkapkan bagaiman model peningkatan kualitas tersebut. Apakah bakal ada kualifikasinya atau standar dalam pelaksanaan kejuaraannya sendiri. 

Upaya meningkatkan kualitas standar tersebut bertujuan untuk menyiapkan negara-negara Asia Tenggara bisa menembus prestasi di kancah Asia maupun dunia. Hal ini sejalan dengan program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dengan target prestasi di Olimpiade.

Berbicara masalah pelaksanaan SEA Games 2021 Vietnam, Okto menyebut memang ada beberapa kendala. Namun, dia tetap mengapresiasi panitia penyelenggara SEA Games 2021, Viesgoc yang sudah bekerja maksimal pasca pandemi Covid-19.

"Kami senang Vietnam benar-benar bisa melaksanakan SEA Games yang ke-31 yang di awalnya itu cukup khawatir dibatalkan. Selamat untuk Vietnam," ujarnya. ***