PEKANBARU – Jika tidak ada aral melintang, tahun anggaran 2023 mendatang Pemkab Kuansing telah mewacanakan untuk menggelar event pacu jalur tiap bulan.

Hal itu di utarakan Plt Bupati Kuansing, Drs H Suhardiman Amby saat menghadiri pelayuran jalur Bujang Gagah Dubalang Hitam Desa Pulau Panjang Cerenti, Minggu (27/11/2022) malam.

Dikatakan Suhardiman, pelaksanaan Pacu Jalur kecamatan ini dalam rangka memperingati hari besar Islam atau hari hari besar kenegaraan, seperti Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan dan lainnya.

"Hal ini dimaksudkan untuk menanti kehadiran turis baik domestik maupun mancanegara. Jadi untuk pacu jalur Teluk Kuantan, khusus kalender pariwisata nasional yang di gelar bukan Agustus saja," ujarnya.

Dijelaskan dia, terkait Jaiur Bujang Gagah Dubalang Hitam ini, pemerintah sangat mengapresiasi. Pihaknya akan hadir untuk mensupport penuh.

"Semoga kedepan bisa berprestasi lebih baik lagi," kata Bupati sembari didampingi Waka II DPRD Kuansing, Zulhendri dan Anggota DPRD Kuansing, Aswimar.

Dikatakan juga, saat ini ada 45 Desa yang mengajukan penebangan kayu jalur, dan tengah di urus izinnya di Kementrian Kehutanan melalui Dinas Pariwisata Kuansing, papar Suhardiman di hadapan ratusan warga yang hadir.

Sementara Tokoh Masyarakat Cerenti, H Musliadi dalam uraian singkatnya, minta Pemkab Kuansing membantu selesainya jalur Bujang Gagah ini. Ini bentuk kepedulian masyarakat Desa Pulau Panjang Cerenti, untuk pelestarian budaya Pacu Jalur.

"Untuk itu mohon dibantu segala keterbatasan masyarakat," ucap mantan Legislator Kuansing itu.

Di kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kuansing, Zulhendri, Anggota DPRD Aswimar serta sejumlah Kepala OPD serta Plt Bupati Kuansing, berhasil mengumpulkan sedikitnya 36,5 juta rupiah dana untuk membantu penyelesaian jalur tersebut. ***