JAKARTA – Ketua Umum Dewan Kerohanian Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), Budi Santoso Tanuwibowo, kagum dengan cara Parsyarikatan Muhammadiyah memilih pemimpinnya yang selalu berjalan damai.

"Kita ucapkan selamat untuk Muhammadiyah yang selalu bisa memilih pemimpinnya dengan damai dan luar biasa, siapapun yang dipilih," ujar Budi Ahad (20/11/2022), seperti dikutip dari Republika.co.id.

Budi mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Haedar Nashir dan Abdul Mu'ti sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah untuk masa khidmad 2022-2027.

Budi berharap, sebagai organisasi keagamaan di Indonesia, Matakin dan Muhammadiyah kedepannya bisa terus bersama-sama membangun Indonesia yang rukun dan sejahtera.

“Kita harap bisa bekerja sama membangun Indonesia yang semakin rukun, guyub, adil dan sejahtera,” ucap Budi.

Terus Jadi Pencerah Bangsa

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menyampaikan selamat atas kembali terpilihnya Haedar Nashir sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027, dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Surakarta, Jawa Tengah, Ahad (20/11).

"Saya ucapkan selamat kepada Ketua Umum yang terpilih dari Muktamar ke-48. Selamat Pak Haedar," ujar Ma'ruf saat menutup Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Ahad (20/11/2022) malam.

Ma'ruf berharap hasil Muktamar ini semakin menguatkan kebersamaan Muhammadiyah dalam mewujudkan kemajuan bagi umat Islam dan negara Indonesia.

Dia mengatakan Muktamar Muhammadiyah tahun ini meneguhkan peran Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam memberi sumbangan bagi bangsa untuk mewujudkan kemajuan seperti yang diharapkan, melalui penyampaian dakwah bil-qaul, maupun bil-hal, melalui tindakan nyata.

"Melalui program-program Muhammadiyah yang telah dibahas pada Muktamar, saya yakin Sang Surya akan terus mampu menjadi cahaya pencerah bagi berbagai tantangan dan permasalahan keumatan, kebangsaan dan kemanusiaan," ujarnya.

Apalagi, kata dia, Muhammadiyah memiliki perangkat ekonomi dan sosial yang tersebar di seluruh negeri. Sehingga dinilai mampu untuk menggerakkan pemberdayaan umat sehingga dapat menjadi kekuatan pembangunan bangsa.

"Seperti saya katakan Muhammmadiyah telah memiliki instrumen dan perlengkapan untuk itu," ujar Ma'ruf.

Dalam penutupan hadir juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Seperti diketahui, setelah sempat tertunda karena Covid-19, akhirnya Muhammadiyah melaksanakan Muktamar di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah tersebut secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi)  pada Sabtu (19/11/2022) kemarin.

Salah satu agenda penting Muktamar  ke-48 Muhamamdiyah adalah pemilihan ketua umum dan anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pada Sidang Pleno VIII kemudian Muhammadiyah menetapkan Haedar Nashir kembali menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2022-2027. Sedangkan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah juga kembali dijabat Prof Abdul Mu'ti.***