JAKARTA - Hakim Agung Muhammad Syarifuddin terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025, dalam pemilihan yang berlangsung di gedung Mahkamah Agung, Senin (6/4/2020).

Dikutip dari Tempo.co, Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA dan bakal menggantikan Hatta Ali, setelah mendapat memperoleh 32 suara dari 46 pemilih pada putaran kedua. Sementara, Andi Samsan memperoleh14 suara.

Sebelumnya, pada putaran pertama yang dikuti enam calon, Muhammad Syarifuddin memperoleh 22 suara. Sedangkan Andi Samsan mendapat 14 suara. Namun, menurut Ketua MA Hatta Ali, tidak ada calon yang telah memenuhi suara 50 persen ditambah satu dari suara yang sah. Maka, sesuai ketentuan pasal 7 huruf e dari Tata Tertib Pemilihan Ketua MA, pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua.

Syarifuddin Bersyukur

Muhammad Syarifuddin menyatakan bersyukur terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung periode 2020-2025.

''Syukur kepada Allah SWT, pada siang ini yang telah melimpahkan amanah kepada saya memimpin Mahkamah Agung selama satu periode ke depan,'' ujar Syarifuddin usai pengumuman hasil pemilihan pada Senin, seperti dikutip dari Tempo.co.

Syarifuddin turut mengucap terima kasih kepada rekan-rekan yang telah memilih dirinya dan mempercayakan jabatan Ketua MA. ''Saya tidak lebih baik dari bapak, yang mulia Hatta Ali. Beliau telah membawa kemajuan dan akan kami tingkatkan,'' kata dia.

Mendengar sambutan Syarifuddin, Hatta Ali pun langsung menyampaikan pesan kepada mantan Wakil Ketua MA Bidang Yudisial tersebut.

Hatta mengingatkan, bahwa jabatan sebagai Ketua MA adalah sebuah amanah dan penuh tanggung jawab yang besar. ''Harus dilaksanakan sepenuh hati dan kerja keras. Maka itu, saya ucapkan selamat yang mulia Syarifuddin, sebagai ketua terpilih periode 2020-2025,'' kata dia.

Pemilihan dilakukan lantaran Hatta Ali, Ketua MA saat ini, akan memasuki masa purnabakti pada 1 Mei 2020 mendatang.***