RENGAT, GORIAU.COM - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), H Yopi Arianto buka secara resmi perhelatan tahunan Musabaqah Tilawatil Quran ke 44 tingkat Kabupaten Inhu, Senin (1/9/2014) malam.

MTQ dipusatkan di lapangan bola kaki Desa Batu Gajah, Kecamatan Pasir Penyu. Pembukaan perhelatan akbar tersebut tidak dihadiri Wakil Bupati Inhu, H Harman Harmaini.

Seremonial pembukaan MTQ ditandai dengan penekanan serine dan pemukulan beduk oleh bupati dengan didampingi Ketua DPRD Inhu, Ketua LPTQ, Kakan Kemenag dan Setda Inhu.

Dalam arahannya, bupati menghimbau agar masyarakat dan hadirin tidak hanya melihat MTQ ini dari sisi seremonialnya saja, namun yang tidak kala penting yaitu bagai mana nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran itu bisa diaplikasikan dalam seluruh aspek kehidupan.

Al-Quran bukan sekadar untuk dilantunkan dan dinyanyikan serta dilombakan, namun untuk dipahami dan dilaksankan. Agar berbagai persolan dalam aspek kehidupan dapat diselesaikan sebagai mana tuntunan Rasullalah, sebutnya.

"Bisa hadir pada MTQ ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya, karena pada malam ini saya bisa bersilaturahmi dan bertatap muka dengan para peserta dan seluruh lapisan masyarakat yang hadir saat ini. Mari kita sukseskan MTQ ini dengan baik dan mari kita ambil hikmahnya", tandas bupati termuda di Riau itu.

Selain bupati, tampak hadir, Ketua DPRD Inhu Ahmd Arif Ramli, Setda Raja Erisman, Ketua BKMT Inhu, Hj Juriah Soegianto, serta kadis, kakan, kaban, camat, tokoh agama, pemuda dan ribuan masyarakat.(jef)