PANGKALAN KERINCI -Bupati Pelalawan H Zukri paparkan capaian kinerja sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat bersempena peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Kabupaten Pelalawan.

Penyampaian capaian 100 hari kepemimpinan Zukri-Nasarudin disampaikan pada apel upacara peringatan HUT ke-22 Kabupaten Pelalawan di Halaman Kantor Bupati Pelalawan, Selasa (12/10/2021).

Sejumlah tokoh pendiri Kabupaten Pelalawan termasuk para mantan bupati dan wakil bupati. Diantaranya H Tengku Azmun Jaafar, HM Harris, mantan Wakil Bupati H Marwan Ibrahim, H Zardewan dan Forkopimda Pelalawan.

Bupati Zukri menyadari bahwa dalam masa hanya 3,5 tahun, jabatan dirinya berpasangan dengan wakilnya H Nasarudin, sesuai dengan undang-undang Pilkada saat ini, bahwa ditahun 2024 bakal dilakukan Pilkada serentak.

Kondisi ini, kata dia, menjadi sebuah beban yang cukup berat. Ditambah lagi, dengan situasi yang dihadapi saat ini yakni pandemi Covid-19. Namun dirinya, sangat yakin, jika semua memiliki tekad, keinginan dan niat yang mulia serta tulus untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Pelalawan.

"Biar satu atau dua tahun pun, Insya Allah visi dan misi pembangunan Pelalawan 2021-2026 akan terwujud," tegasnya.

Pada momentum peringatan HUT ke-22 Kabupaten Pelalawan ini, Bupati Zukri menyampaikan aktivitas 100 hari kerja pertama dan keberhasilan yang telah dicapai sampai saat ini.

Diantaranya, adalah telah terjalin kerjasama perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan dengan mengaktifkan program-program Coorpirate Social Respinsibility (CSR), seperti kerjasama di bidang insfratruktur misalnya jalan, bantuan beasiswa dan lain sebagainya.

Masih disampaikan Bupati Zukri, kemudian adalah membuat aplikasi Klik Pelalawan yang mana semua keluhan dan pengaduan masyarakat dapat disampaikan melalui satu pintu yaitu Klik Pelalawan dan dalam waktu dekat akan segera diluncurkan.

Begitu juga, capaian 100 hari kerja, Pemda Pelalawan sudah melakukan pendataan terhadap rakyat miskin, anak-anak yatim piatu, orang jompo dan guru ngaji yang mana nantinya dapat bantuan melalui program peningkatan kesejahteraan rakyat.

Bupati Zukri berharap dalam rangka mencapai serta mewujudkan pembangunan Pelalawan kedepan, diharapkan adanya komitmen bersama dalam menjalankan semua program pembangunan dan semua fungsi pelayanan dengan semaksimal mungkin.

Selain itu ia berharap agar selalu senantiasa mencegah serta menghindari penyimpangan yang akan merugikan masyarakat serta pembangunan Pelalawan.

Dirinya juga berharap semua stakholder agar bisa menciptakan peluang-peluang disaat anggaran pada APBD sangat minim.

"Bagaimana kita bisa dan mampu meningkatkan PAD, bagaimana kita bisa menjemput bola meraih anggaran dari APBD Provinsi ataupun bersumber dari APBN dari pemerintah pusat serta menarik investor berinvestasi didaerah kita. Semua kita jangan bergantung lagi terhadap APBD setiap tahun diprediksi semakin tahun semakin turun," harapnya.

Usai upacara Bupati Zukri didampingi Wabup Nasarudin serta Ketua DPRD Pelalawan Baharudin memberikan bingkisan dan cendramata bagi tokoh pendiri Kabupaten Pelalawan, termasuk para mantan bupati dan wakil bupati.***