SELATPANJANG - Di situasi ekonomi seperti saat sekarang ini, Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, meminta OPD menggali potensi yang ada di daerah. Kalau pun tak bisa, OPD harus melakukan penghematan (efisiensi) anggaran.

Hal itu disampaikan Irwan kepada seluruh Kepala OPD saat penyerahan DPA di Selatpanjang, Rabu (10/1/2018). Kata Irwan, pada kondisi ekonomi seperti sekarang, seluruh OPD harus bisa menggali potensi internal. Itu untuk menambahkan pendapatan daerah.

"Kalau tidak bisa, lakukan efisiensi, penghematan anggaran," pesan Irwan.

Penghematan anggaran itu bisa dilakukan dari sektor mengurangi perjalanan dinas, belanja baju kaos untuk tiap kegiatan, dan penggunaan listrik.

Kata H Irwan, untuk 3 dan 4 tahun usia Kepulauan Meranti, sangat dimaklumi banyaknya perjalanan dinas. Karena pejabat memang harus berkoordinasi dan belajar ke daerah-daerah lain. Namun, dengan usia kabupaten yang sudah 9 tahun, perjalanan dinas seharusnya dilakukan ketika memang diperlukan saja. Perjalanan dinas kalau tak penting jangan, kalau pun harus keluar jangan ramai-ramai.

"Tolong perhatikan juga lampu-lampu, AC, komputer dimatikan kalau sudah tidak digunakan. Saya sering memantau, ketika kantor sudah tutup, banyak AC masih dihidupkan," ujar Irwan.

Belanja baju kaos untuk setiap kegiatan juga dianggap mubazir. Diakui Irwan, setiap tahun ada sekitar 3 sampai 4 lusin baju kaos kegiatan yang didapatkannya.

Ia minta ini dihematkan.

Cukup membuat dua baju kaos setiap tahun. Tapi, dengan kualitas yang sangat baik. "Tolong Pak Sekda, ini dipantau betul. Kadang buat baju kaos banyak-banyak, tapi kualitasnya tidak bagus. Hanya satu kali digunakan setelah itu jadi kain lap di rumah. Kedepan buatkan saja dua baju kaos, satu lengan pendek satu lengan panjang. Pakai saja baju itu untuk setiap acara," pesan Irwan.

"Kita bandingkan dengan daerah tetangga yang lebih maju. Pejabatnya sederhana, berangkat sendiri, tarik koper sendiri, cek in sendiri," tambah Irwan. ***