BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh dan Turki menjajaki kerja sama kota kembar serta membangun hubungan di berbagai bidang. "Kerja sama kota kembar atau sister city ini sudah kami bicarakan dengan Duta Besar Turki untuk Indonesia Zekeriya Akcam," kata Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal di Banda Aceh, Selasa.

Illiza mengatakan, pembicaraan dirinya dengan Duta Besar Turki berlangsung Sabtu (14/11) lalu. Saat itu Zekeriya Akcam menghadiri seminar internasional 10 tahun perdamaian Aceh.

"Kerjasama kota kembar ini dimulai dari sesuatu yang mudah terlebih dahulu, dan langsung bisa diimplementasikan. Setelah itu, baru melaksanakan kerjasama secara menyeluruh," kata dia.

Ia menyebutkan, kerjasama kota kembar yang dibicarakan lebih mengarah kepada bidang air bersih, membangun kota hijau dan pintar serta membangun penguatan hubungan emosional Turki dan Banda Aceh.

Sebenarnya, kata Illiza, Turki dan Pemerintah Kota Banda Aceh sudah terlibat kerjasama ketika masa rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pascatsunami. Saat itu, Turki banyak membantu Aceh dan Banda Aceh khususnya.

Untuk melanjutkan hubungan kerjasama ini, kata dia, pihaknya telah berkomunikasi dengan Kota Istambul. Delegasi Banda Aceh sudah berkunjung ke Turki atas undangan Pemerintah Kota Istambul.

"Kami berharap hubungan baik yang sudah terbangun serta rencana kerja sama kota kembar dengan Turki bisa membantu Kota Banda Aceh untuk berkembang dan tumbuh lebih maju menjadi kota yang berkelanjutan," kata Illiza.***