PEKANBARU -- Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES) Drs Amral Fery, MSi, mengingatkan, meskipun sekarang sudah memasuki musim hujan, namun masyarakat tetap harus mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Menurut Amral, kewaspadaan dan upaya pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan tidak boleh dikendorkan, meskipun di musim hujan.

''Masyarakat kita imbau tetap selalu mewaspadai kebakaran hutan dan lahan, walaupun sekarang di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Mencegah kebakaran jauh lebih baik dari memadamkan,'' kata Amral, di Pekanbaru, Kamis (22/10/2020).

Di musim hujan, lanjut Amral, potensi kebakaran hutan dan lahan tetap ada. Apa lagi, belakangan ini sering terjadi anomali cuaca, di musim hujan juga bisa terjadi panas terik hingga berhari-hari, sehingga membuat gambut mengering yang menyebabkan mudah terbakar bila tersulut api.

''Tidak jarang pula di musim hujan terjadi panas terik berhari-hari. Hal ini membuat gambut menjadi kering sehingga mudah terbakar. Karena itulah, masyarakat kita imbau selalu mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan,'' kata alumnus Universitas Andalas Padang ini mengingatkan.

Masyarakat harus selalu diingatkan untuk mewaspadai kebakaran hutan dan lahan, termasuk saat musim hujan. Sehingga, kalaupun tak terjadi kebakaran hutan dan lahan saat musim hujan, mereka tidak lengah lagi ketika tiba musim kemarau nantinya.

''Kita khawatir, bila di musim hujan ini lupa mengingatkan untuk mewaspadai kebakaran hutan dan lahan, nanti setelah masuk musim kemarau masyarakat tetap lengah. Tapi, kalau terus-menerus kita ingatkan, mudah-mudahan masyarakat tidak pernah lengah. Jadi, sepanjang tahun masyarakat selalu mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta terus berupaya melakukan pencegahan,'' ujarnya.

Terkait dengan hal tersebut P3E Sumatera melalui media sosial, media cetak, radio, media online, pemasangan spanduk dan iklan, terus mengimbau agar selalu waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan, walaupun saat musim hujan.

''Kita sering lupa mewaspadai dan berupaya mencegah kebakaran hutan dan lahan, saat musim hujan. Sebaliknya, di musim kemarau, kita lupa mewaspadai dan mencegah terjadinya banjir. Seharusnya, sepanjang tahun kita terus berupaya mencegah kebakaran hutan dan lahan serta mencegah banjir,'' pungkasnya.bas