PEKANBARU - Kualitas udara di Kota Pekanbaru berada perlu diwaspadai oleh orang-orang yang bertubuh rentan seperti anak-anak dan lansia. Pasalnya, kualitas udara yang diselimuti kabut asap ini berada hampir diambang batas kategori tidak sehat berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), meskipun masih berada dilevel sedang, sehingga berbahaya bagi orang-orang bertubuh rentan.

"Kualitas udara masih level sedang tapi warga yang tubuhnya rentan kabut asap harus waspada. Oleh karena itu, kami ingatkan warga tetap menggunakan masker dan banyak minum air putih," ujar Plt Kadiskes Pekanbaru Muhammad Amin, Kamis, (15/8/2019).

Seperti diketahui, 2.845 penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) hingga 13 Agustus 2019. Meskipun diakui tidak semua penderita ISPA disebabkan kabut asap, namun dampak asap juga berperan pada peningkatan jumlah penderita ISPA.

Amin mengatakan, Diskes Pekanbaru terus memberikan masker kepada masyarakat. Persediaan masker Diskes masih cukup, setelah mendapat bantuan 100 ribu masker dari Diskes Riau.

"Masker kita terus bagikan melalui Puskesmas kepada masyarakat, stok kita masih mencukupi hingga saat ini. Nanti jika kondisi udara berbahaya, akan segera kita umumkan," paparnya.***