JAKARTA - Pemerintah batal memfinalkan penurunan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara hari ini. Padahal sejak jauh-jauh hari, pemerintah telah mengagendakan rapat tersebut.

Sekertaris Menko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, pembatalan karena peserta inti rapat koordinasi (rakor) mengenai tiket angkutan udara berhalangan hadir.

"Rapat Koordinasi Terbatas (rakortas) terkait tarif tiket angkutan udara, sedianya pagi ini jam 09.00. Namun karena Bu Menteri BUMN (Rini Soemarno) dan Pak Menhub (Budi Karya) mendampingi Bapak Presiden pada acara peresmian Jalan Tol Pandaan-Malang hari ini jam 10.00 di Malang, maka Rakortas ditunda," kata Susi saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Menurut Susi, pihaknya pun akan menjadwalkan kembali rakortas mengenai tarif tiket angkutan udara dalam waktu dekat ini. Sebab, persoalan ini sudah mendesak dan harus segera diselesaikan.

Ads
"Kami akan jadwalkan ulang rakortas ini segera, karena sudah sangat mendesak," ujar dia.

Untuk saat ini, Susi mengaku akan mencari waktu yang tepat bagi para peserta inti seperti Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan agar rapat bisa direalisasikan.

"Sekarang sedang koordinasi mengenai waktunya, untuk menyesuaikan dengan acara Pak Menko, Bu Men BUMN, dan Pak Menhub," ungkap dia.

Dapat diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penurunan tarif batas atas tiket pesawat bisa dilakukan hingga 15%. Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pernah melontarkan pernyataan serupa saat konferensi pers di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Rabu (8/5/2019).

Menurut Budi penurunan harga tiket pesawat akan difinalisasi dalam rapat dengan di Kantor Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Senin (13/5).

"Itu range di situ, kita finalkan hari Senin," kata Budi Karya di Komplek Istana, Jakarta, Kamis (9/5).***