RUPAT UTARA - Detik-detik persembahan Tari Zapin Api di Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Bengkalis, Jumat (15/7/2016) malam, berlangsung menegangkan. Bahkan, sebelum acara ini dimulai, tetua dalam tari ini pun telah memperingatkan agar masyarakat yang menonton tidak memainkan segala benda yang berhubungan dengan api.

Pada kesempatan ini, Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman yang menyaksikan secara langsung Tari Zapin Api itu pun tampak serius dan terlihat tegang. Berulang kali ia terlihat berbisik kepada Bupati Bengkalis, Amril Mukminin sembari tak melepaskan pandangannya dari pertunjukan.

Berdasarkan pantauan GoRiau.com di lapangan, pertunjukan tari yang menggunakan mediator bara api dari sabut kelapa itu dimulai dengan membacakan mantra dan dibakarkan kemenyan.

Saat itu juga, peserta tari yang bertelanjang dada hanya mengenakan celana pendek menghadap ke tungku kecil pembakaran kemenyan sembari diiringi lantunan kompang dan gambus.

Tak berselang lama ketika lantunan kompang dan gambus semakin mendayu-dayu, satu persatu peserta tari kerasukan dan menari-nari mengikuti lantunan nada yang dimainkan.

Dalam kondisi menari dengan mata terpejam, pertunjukan Tari Zapi Api mengagetkan pengunjung yang baru pertama kali menyaksikannya. Pasalnya, si penari lantas menari-nari diatas bara api dan menendang-nendang bara api menyala yang telah disiapkan sebelumnya. ***