PEKANBARU - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan, Tanoto Foundation dan Putera Sampoerna Foundation mendukung Program Organisasi Penggerak (POP) menggunakan skema pembiayaan mandiri.

''Berdasarkan masukan berbagai pihak, kami menyarankan Putera Sampoerna Foundation dan Tanoto Foundation juga dapat menggunakan pembiayaan mandiri, tanpa dana APBN, dalam POP. Mereka menyambut baik saran tersebut,'' ujar Nadiem di Jakarta, Selasa (28/7), seperti dikutip dari Jawapos.com.

Dituturkan Nadiem, dengan demikian, kedua yayasan yang bergerak di bidang pendidikan tersebut tidak memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam mendukung POP.

''Harapan kami, (penjelasan) ini akan menjawab kecemasan masyarakat mengenai potensi konflik kepentingan, dan isu kelayakan hibah yang sekarang dapat dialihkan kepada organisasi yang lebih membutuhkan,'' ujarnya.

Sambung Nadiem, organisasi yang menanggung biaya pelaksanaan program secara mandiri, nantinya tidak wajib mematuhi semua persyaratan pelaporan keuangan yang sama yang diperlukan untuk bantuan pemerintah dan tetap diakui sebagai partisipan POP.

Kendati tak memakai anggaran negara, Kemendikbud tetap akan meminta laporan pengukuran keberhasilan program dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Instrumen pengukuran yang digunakan antara lain Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter untuk SD dan SMP atau instrumen capaian pertumbuhan dan perkembangan anak untuk PAUD.

''Sekali lagi, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian besar terhadap program ini. Kami yakin penguatan gotong-royong membangun pendidikan ini dapat mempercepat reformasi pendidikan nasional yang diharapkan kita semua,'' tutup Nadiem. ***