PEKANBARU, GORIAU.COM - Para petinggi di Riau mendadak disibukkan dengan wacana kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (08/10/2015). Semuanya saat ini tengah berada di VVIP Lancang Kuning, Pekanbaru, Riau.

Termasuk diantaranya Pelaksana Tugas Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Nurendi, Danlanud Roesmin Nurjadin, dan pihak terkait lainnya.

"Tak ada yang pasti, semuanya sibuk persiapan di sini. Kalau datang hari ini syukur, kalau datang besok pun tidak apa-apa. Karena persiapan untuk penyambutan kedatangan sudah siap," kata Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Darusman, Kamis (8/10/2015).

Dikatakan Darusman, jika Presiden jadi mendarat di Pekanbaru hari ini, tinjauan pertama yang mungkin dilakukan ke Rimbo Panjang, Kampar, Riau untuk melihat bekas lahan terbakar di sana.

"Kalau jadi mungkin ke Rimbo Panjang. Tapi sejauh ini, jangankan kita, Pak Danrem saja belum bisa memastikannya," tambah Darusman.

Untuk diketahui, rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Riau ini adalah dalam rangka melihat dampak kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap. Masyarakat juga berharap agar Presiden bisa memberikan solusi konkrit untuk menyudahi asap yang sudah 'menetap' selama satu bulan ini.

Karena berdasarkan datang yang dirangkum Dinas Kesehatan Riau dari kabupaten/kota, korban sakit akibat asap sudah tembus 60 ribu jiwa.***