PEKANBARU, GORIAU.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI telah membuka pendaftaran untuk Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), sejak 5 Oktober 2015 lalu. Meski penerimaan dilakukan secara nasional, namun Riau tetap berpartisipasi untuk pengisian kuota di IPDN Rokan Hilir (Rohil).

Provinsi Riau telah mengusulkan penambahan kuota untuk penerimaan Calon IPDN Rohil sebanyak 100 orang. Total tersebut juga sudah dimasukkan dalam anggaran tahun ini. Karena kuota yang diberikan setiap tahunnya, yakni 22 calon praja dianggap sangatlah rendah.

"Kita perlu Sumberdaya yang berkualitas untuk ditempat di 12 kabupaten/kota. Setiap tahun kita membutuhkannya," kata Sekdaprov Riau, H Zaini Ismail, Rabu (7/10/2015) di Pekanbaru.

Namun dikatakan Zaini, jika nantinya tidak disetujui dan kembali kepada jatah kuota, maka anggaran persiapan untuk penerimaan 78 Calon Praja IPDN tentu akan sia-sia dan kembali ke kas daerah.

"Kita berharap ini menjadi pertimbangan oleh Pemerintah Pusat. Karena masih banyak daerah, terutama daerah-daerah pelosok membutuhkan SDM berkualitas seperti para lulusan IPDN," harap Zaini.***