WASHINGTON DC -- Suasana mencekam dirasakan ratusan penumpang dan awak Pesawat United Airlines pada Sabtu (20/2/2021). Mesin pesawat tersebut meledak dan terbakar saat terbang di udara.

Dikutip dari detik.com yang melansir Reuters, tak ada korban jiwa dan luka-luka dalam insiden tersebut karena pesawat berhasil mendarat dengan selamat.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengatakan pesawat itu mendarat di Bandara Internasional Denver, Amerika Serikat. Namun, pesawat telah kehilangan sejumlah komponen yang jatuh berserakan di pemukiman warga.

Pesawat bertipe Boeing 777-200 itu dikabarkan mengangkut 231 penumpang dan 10 awak. Penerbangan ditempuh dari Honolulu lalu mengalami kerusakan mesin tak lama setelah lepas landas.

Mesin kanan pesawat meledak dan terbakar. Karena kondisi ini, pesawat mencoba berputar kembali ke bandara asal.

Sementara itu, puing-puing yang jatuh masih belum dievakuasi kendati lokasinya sudah dipasangi garis polisi. Puing-puing itu, termasuk penutup mesin pesawat.

Peristiwa terbakarnya mesin pesawat ini sempat tertangkap kamera salah seorang penumpang. Dalam video yang beredar di media sosial tampak kepulan asap hitam dan seseorang mengatakan, ''sesuatu meledak.''

Ada pula rekaman audio yang memperdengarkan seorang pilot United Airlines melakukan panggilan mayday ke menara kontrol lalu lintas udara.

''Mayday, pesawat baru saja mengalami kerusakan mesin, perlu segera dihidupkan,'' menurut audio dari situs pemantauan liveatc.net.

FAA bersama dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) akan menyelidiki insiden itu. NTSB menyebut telah membuka penyelidikan.

''Jika Anda menemukan puing-puing, Tolong jangan sentuh atau pindahkan. @NTSB ingin semua puing tetap berada di tempat untuk penyelidikan,'' kata departemen kepolisian Broomfield di Twitter.

Di sisi lain, pihak Boeing masih menolak berkomentar atas kejadian rusaknya mesin pesawat United Airlines tersebut.***