PEKANBARU - Optimisme mulai menyelimuti pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Riau pasca Pemilu legislatif 2019 lalu. Pasalnya, mereka mampu menambah raihan suara dan menambah satu kursi di DPRD Riau, menjadi 10 kursi pada periode 2019 - 2024.

''Dengan kemenangan ini, kami yakin akan mampu memenangkan 5 Pemilukada 2020 yang akan diselenggarakan di 9 kabupaten kota di Riau,'' ujar Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan bidang pemenangan pemilu, Syafruddin Poti, Rabu (14/8/2019).

Dikatakan Poti, capaian PDIP pada Pemilu 2019 merupakan modal bagi partai untuk menghadapi ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 yang bakal digelar di 9 kabupaten/kota di Riau.

Poti yakin soliditas kader akan tetap terbangun pada tahun depan. Sehingga target kemenangan 60 persen dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) berpeluang tercapai.

Ads
"Kalau dihitung dari persentase target tadi, berarti PDIP musti menang di 5 Pemilukada. Untuk ini kita sudah mulai melakukan pemetaan politik terkait di mana kira-kira daerah yang berpotensi kita menangkan. PDIP juga terbuka menjalin komunikasi dengan partai lain," ujarnya. ***