SELATPANJANG, GORIAU.COM - Masyarakat Desa Mekong, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau, menggelar serangkaian acara guna memeriahkan HUT RI ke 69 di pinggir laut. Hal itu dilakukan mengingat Desa Mekong merupakan desa yang terletak langsung di depan Selat Melaka.


Serangkaian acara perlombaan beberapa permainan tradisi kampung itu digelar di turap yang biasanya dijadikan tempat nongkrong pemuda-pemudi di akhir pekan.
Penjabat Kepala Desa Mekong, M Arif, ketika ditemui usai menutup kegiatan 17 Agustus itu mengatakan, sengaja kegiatan tersebut digelar di pinggir laut. Hal itu untuk mengilang rasa capek dan untuk kebersamaan.
"Permainan ini sengaja kita adakan di sini, dengan permainan ini kita bisa bertarung, bisa tersenyum dan tertawa bersama, kalau selama inikan kita sulit bertemu seperti ini," katanya.
Sebelumnya M Arif juga menyampaikan kepada semua peserta bahwa hadiah memang tidak setimpal dengan apa yang telah dilakukan. Namun, Ia minta kepada masyarakat agar lebih mengedepankan rasa kebersamaan dan persaudaraan.
"Mungkin hadiah tak setimpal dengan lelah peserta, tapi ini merupakan wadah untuk menyatukan kita semua," katanya saat penutupan.
Salah seorang panitia, Aznizar ketika ditemui mengatakan sengaja mengadakan berbagai perlombaan di pinggir laut sejak Minggu (17/8/2014) hingga Senin (18/8/2014), mengingat hampir semua masyarakat Desa Mekong menggantung hidupnya dari aktivitas di laut.
Ia juga mengatakan beberapa pertandingan yang digelar hari itu seperti menganyam ketupat, pinggang kain, panjat pinang, lomba berenang, lomba tarik tambang, dan beberapa perlombaan lainnya.
"Alhamdulillah, selesailah permainan dengan tarik tambang ini. Kita mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak. Kedepan kita harap semuanya bisa lebih maksimal lagi," katanya.
Pantauan di Desa Mekong, Senin siang, terlihat ratusan masyarakat memadati lokasi di ujung turap. Mereka ingin menyaksikan langsung beberapa pertandingan yang diikuti oleh anak-anak hingga orang tua itu.(zal)