SELATPANJANG - Logo atau maskot pemilihan kepala daerah (pilkada) Kepulauan Meranti tahun 2020, resmi diluncurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (30/11/2019) malam bertempat di Taman Cikpuan, Selatpanjang, dihadiri Sekda Kepulauan Meranti, H. Yulian Norwsi SE. MM, Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, Ketua KPU Provinsi Riau Ilham Muhammad Yasir, Forkompimda Kepulauan Meranti, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid mengatakan bahwa maskot yang diluncurkan pada malam itu adalah "Si Rame". Si Rame merupakan singakatan dari Sile (silahkan) rakyat memilih. Si Rame berasal dari hewan Rame-Rame alias Makohe yang kerap dijumpai di Kabupaten Kepulauan Meranti. Bentuk Hewan ini memiliki bentuk yang sangat unik yaitu ada capit menyerupai kepiting dan ekor menyerupai kalajengking.

Abu Hamid juga mengatakan selain hewan ini adalah unik di Kepulauan Meranti, si Rama atau Makohe ini mempunyai kebiasaan menggali tanah untuk dijadikan rumahnya. Walaupun demikian dikatakan Abu rumah Makohe tersebut tidak hanya menjadi rumahnya tapi juga bagi makhluk hidup lainnya.

"Ini filosofi pertama, kami harapkan nanti siapapun yang terpilih nanti gigih memakmurkan Meranti tidak untuk kelompoknya tapi seluruh masyarakat," ujar Abu Hamid.

Si Rama berarti Sile Rakyat Memilih memiliki makna mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Dengan adanya maskot ini kita sosilisasikan ke pelosok desa jangan sampai masyarakat tidak tahu akan adanya pemilihan dan calon pemimpin di Kepulauan Meranti," ujarnya.

Dikatakan Abu Hamid, pilkada yang ke tiga di Kepulauan Meranti ini bukanlah perkara yang mudah. Sehingga perlu campur tangan seluruh stakeholder agar pelaksanannya dalam berjalan dengan baik.

"Kita berharap pilkada sukses penyelenggaran aman. Tentunya kami tidak bisa sendiri dan juga Bawaslu, harus ada suport dari kita semua, suport dari pemerintah, kepolisian, suport dari peserta pemilu. Tampa suport dari bapak-bapak semua ini tidak akan berjalan dengan suskes," ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemkab Kepulauan Meranti yang sudah memberikan anggaran untuk pilkada kepada KPU melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebesar Rp 22 miliar lebih.

"Terimakasih kepada Pemerintah Meranti yang sudah menyerahkan NPHD. Anggaran ini cukup banyak sehingga jangan sampai partisipasi rendah, jangan sampai pilkada kita tidak berkualitas," pungkasnya.

Sementara itu, Sekda Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE, MM, menyampaikan apresiasi kepada KPU yang telah meluncurkan maskot pilkada Kepulauan Meranti.

"Atas nama pemerintah kami menyampaikan apresiasi kepada KPU Meranti yang sudah menyelenggarakan launching maskot pilkada 2020 Kepulauan Meranti, ini adalah rangkaian sosialiasi dalam menyambut pilkada, yang akan datang" ujarnya.

Yulian juga menyampaikan, Pemkab Kepulauan Meranti siap mendukung penuh penyelenggaraan pilkada di Kepulauan Meranti.

"Bagaimana agar kita bisa mensukseskan pilkada tahun 2020, tahapan demi tahapan harus kita lalui, kami bersama pemerintah daerah mendukung dan mensuport semua kegiatan yang akan dilakukan KPU. Ini adalah wujud kemitraan dalam penyelenggaran pilkada nantinya," pungkasnya.***