PEKANBARU - Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Fathullah meminta Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun menepati janjinya untuk memberantas pungutan liar (pungli) di Pemko Pekanbaru. Jangan sekedar omongan, tapi harus ada aksi nyata.

"Ini kan perlu komitmen bersama, tidak hanya lips servis. Kita akui, memang masih banyak Pungli di lingkungan Pemko Pekanbaru. Terutama soal perizinan, termasuk di Kecamatan dan kelurahan" kata Fathullah, Jumat (17/6/2022).

Politisi Gerindra ini mengakui untuk memberantas aksi Pungli memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi jika aksi Pungli ini sudah mengakar karena sudah terjadi dalam waktu yang cukup lama, yang bisa dilakukan adalah meminimalisir atau mempersempit gerakan aksi Pungli dan juga menindak tegas pelaku Pungli, baik yang berstatus ASN ataupun honorer.

"Yang pasti masyarakat tidak akan percaya jika hanya statement. Perlu bukti rill, bahwa mengurus perizinan atau apapun namanya di kantor pemerintah, bebas pungli. Lalu, masyarakat itu dipermudah. Buktikan," tegasnya.

Dari itu sambung Fathullah, slogan bebas pungli yang terpampang di kantor-kantor harus benar-benar diterapkan dan menghimbau masyarakat untuk tidak memberikan uang diluar ketentuan.

"Yang pasti, kami di DPRD Pekanbaru siap mendukung pemberantasan pungli ini, plus membuat sanksi jera bagi pelakunya," tutup Fathullah. ***